Kendalikan Overtourism, Jepang Pasang Penghalang Sebesar Lapangan Kriket di Sekitar Gunung Fuji

Kendalikan Overtourism, Jepang Pasang Penghalang Sebesar Lapangan Kriket di Sekitar Gunung Fuji

Hampir semua orang familiar dengan pemandangan Gunung Fuji yang ada di Jepang. Tidak heran jika lokasi ini menjadi salah satu destinasi favorit yang dibanjiri oleh wisatawan.

Sayangnya, hal ini justru memicu munculnya overtourism alias peledakan jumlah wisatawan. Risikonya, ada banyak sekali turis nakal yang berperilaku buruk dan mengganggu kenyamanan sekitar.

Sebagai informasi, Gunung Fuji adalah bentang alam yang menjulang dan pemandangannya bisa dinikmati dari berbagai sudut di Kota Fujikawaguchiko. Namun membludaknya turis dari luar negeri membuat Jepang merasa kesulitan mengendalikan ketertiban. Banyak dari mereka yang memadati trotoar, parkir sembarangan, hingga mengabaikan peraturan lalu lintas. Jika tidak dikendalikan, maka hal ini dikhawatirkan akan semakin mengganggu kenyamanan.

Gunung Fuji (via CNBC Indonesia)

Peringatan petugas pun sepertinya tak lagi bisa membendung para turis. Alhasil, pemerintah memutuskan melakukan tindakan tegas dan merencanakan akan memasang jaring jala setinggi 2,5 meter dan panjang 20 meter pada bulan Mei mendatang. Dengan demikian, para turis tidak bisa lagi leluasa mengambil gambar karena jaring tersebut membuar pemandangan Fuji jadi kabur.

"Sangat disesalkan kami harus melakukan ini, karena beberapa turis yang tidak dapat menghormati peraturan, meninggalkan sampah dan mengabaikan peraturan lalu lintas," kata seorang pejabat dari kota Fujikawaguchiko, Prefektur Yamanashi, sebagaimana dilansir dari Japan Today, Senin (29/4).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"