Gampang Banget! Begini Lho Cara Bikin Paspor Lewat Smartphone

Gampang Banget! Begini Lho Cara Bikin Paspor Lewat Smartphone

Semua pasti tahu kalau paspor merupakan salah satu dokumen penting yang dibutuhkan saat bepergian ke luar negeri. Kalau biasanya paspor harus dibuat di kantor imigrasi dengan antrean yang panjang, namun sekarang ada cara bikin paspor lewat smartphone yang gampang banget.

Mengutip laman resmi Kemenkumham, paspor merupakan bukti identitas diri di luar tanah air. Secara fungsi, paspor lebih mirip dengan KTP yang diakui secara internasional sehingga negara lain bisa tahu siapa dan dari mana kamu berasal.

Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat paspor melalui smartphone, berikut ini caranya seperti dikutip dari laman resmi Imigrasi Kemenkumham.

Dokumen yang Perlu Disiapkan

Dokumen yang Perlu Disiapkan Cara Bikin Paspor Lewat Smartphone (via Hipwee)

Meski dilakukan secara online, untuk kamu yang baru pertama kali membuat paspor akan tetap menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan. Dokumen-dokumen tersebut antara lain seperti  KTP, kartu keluarga (KK), dan akta kelahiran, akta perkawinan, buku nikah, ijazah, atau bisa juga menggunakan surat baptis.

Selain itu, dokumen lain yang juga harus ada adalah Surat Pewarganegaraan Indonesia bagi orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan Surat penetapan ganti nama (bagi yang telah mengganti nama) dari pejabat yang berwenang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"