Viral Seorang Anak Punya Nama Kepanjangan, Susah Bikin Paspor dan Dokumen

Viral Seorang Anak Punya Nama Kepanjangan, Susah Bikin Paspor dan Dokumen

Seorang anak asal Malaysia curhat soal namanya yang terlalu panjang. Hal ini ternyata menjadi rintangan ketika ia hendak pergi ke luar negeri.

"Tidak bisa membeli tiket pesawat, kereta api dan berbagai hal lainnya. Pembayaran harus melalui counter yang mana harganya lebih mahal. Selain itu, dokumen biasanya maksimal 26 hingga 32 abjad saja, kalau lebih panjang bisa melalui proses lain yang rumit," curhatnya melalui grup Facebook, Komuitas Buddies Malaysia (BBM) dikutip dari mStar.

Ia kemudian meminta saran warganet di Facebook tentang masalahnya tersebut. "Adakah solusi yang bisa saya lakukan? Saya ada adik lagi yang juga ingin membuat pasport. Saya ingin dia untuk mengganti nama untuk mengatasi masalah nama panjang ini. Dia belum ada dokumen resmi seperti bank, pasport dan sebagainya. Saya sangat kesal," ucapnya.

Ilustrasi orang membuat paspor (via freepik)

Lalu, di kolom komentar seorang pengguna Facebook curhat mengalami hal yang sama karena memiliki nama panjang hingga 40 abjad. ia mengaku setiap akan ke luar negeri, selalu membawa dokumen kependudukan lengkap.

"Nama lengkap di identitas tidak muat, jadi tidak ada nama ayah. Ada duplikat dokumen. Saya dapat satu slip yang ada nama lengkap dan gambar. Jadi bila akun bank atau ingin bawa keluar selalu bawa surat lengkap tersebut," curhat pengguna Facebook lain.

"Nama panjang tidak ada masalah, saya pun dulu ada masalah nama lengkap tidak bisa tercantum. Untuk pasport mengikuti kartu identitas, jika nama penjang tidak muat, nama akan dicetak pada bagian tanda tangan dalam pasport tersebut," saut netizen lainnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"