5 Tempat Wisata Religi Wali Songo di Jawa Timur, Apa Saja?

5 Tempat Wisata Religi Wali Songo di Jawa Timur, Apa Saja?

Berkunjung ke tempat wisata religi Wali Songo biasanya dilakukan menjelang bulan suci Ramadan. Makam para wali memang biasanya sudah menjadi incaran para peziarah untu berdoa di makam para tokoh agama islam tersebut.

Secara umum Wali Songo merupakan sembilan wali yang memiliki peran penting dalam penyebaran agama islam di Indonesia. Karena itulah, makam para wali ini akan ramai menjelang Ramadan karena banyak orang yang ingin memberikan penghormatan sekaligus mengenang jasa-jasa mereka.

Lantas, tempat wisata religi Wali Songo mana saja di Jawa Timur yang bisa dikunjungi saat Ramadan?

1. Makam Sunan Ampel

Wali Songo di Jawa Timur (via kanalsatu.com)

Destinasi wisata religi Wali Songo yang pertama adalah makam Sunan Ampel. Makam ini berada di sebelah barat Masjid Ampel Surabaya.

Di tempat ini, para pengunjung tidak hanya bisa berziarah, tetapi kamu juga bisa berbelanja kebutuhan religi lainnya. Seperti yang diketahui, Sunan Ampel merupakan pendiri pesantren Ampel Denta di Surabaya yang merupakan pesantren tertua di Jawa. 

2. Makam Sunan Giri

Setelah mengunjungi makam Sunan Ampel, kita bergeser sedikir ke kota Gresik untuk berkunjung ke makam Sunan Giri. Makam wali yang berada di Desa Giri, Gresik, Jawa Timur ini terlihat sepi saat hari biasa.

Namun pada saat Ramadan tiba, tempat ini memang selalu dibanjiri peziarah dari dalam maupun luar kota. Diketahui, Sunan Giri wafat pada 1506 dan dimakamkan di Desa Giri, Gresik, Jawa Timur. Sunan Giri mempelajari dakwah Islam dari Sunan Ampel. Kemudian dia melanjurkan berdakwah dengan menggunakan media lagu permainan anak-anak.

3. Makam Sunan Bonang



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"