Yuk, Masak Sendiri! Cara Membuat Sate Kambing Agar Tak Bau, Cukup Pakai Bumbu Tambahan Ini

Yuk, Masak Sendiri! Cara Membuat Sate Kambing Agar Tak Bau, Cukup Pakai Bumbu Tambahan Ini

Siapa nih, yang suka makan sate? Terutama sate kambing. Bumbu sate kambing identik dengan kecap. Perpaduan sate kambing dan bumbu kecap memang begitu lezat. Namun, kadang masih tercium bau kambing, yang bagi sebagian orang membuat mual dan kehilangan selera makan. Lalu, bagaimana cara membuat sate kambing tidak bau?

Untuk diketahui, sate kambing merupakan salah satu kuliner Indonesia yang menawarkan cita rasa lezat. Ditambah lagi dengan baluran bumbu sate kambing dari kecap, membuat cita rasanya semakin menggoda lidah.

Sate kambing yang disajikan bersama bumbu kecap biasanya dilengkapi dengan irisan cabai, bawang merah, tomat, kol, dan merica bubuk. Untuk sate kambing khas Madura, biasanya dilengkapi saus kacang.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat sate kambing, simak cara berikut ini agar sate kambing tidak bau, enak, dan empuk.

1. Pemilihan Daging

Pertama, pemilihan daging. Untuk pemilihan daging, pastikan memilih daging kambing betina dan usianya di bawah 6 bulan. Kenapa harus betina? Karena kambing betina memiliki serat yang lebih halus dan memiliki kandungan lemak yang lebih banyak. Jadi, lebih enak untuk dibuat sate.

Perlu diketahui, pemilihan jenis kambing yang digunakan akan berpengaruh besar terhadap tekstur sate, sehingga membuat sate lebih empuk.

Untuk pembuatan sate, lebih baik gunakan daging bagian paha belakang, punggung atau has dalam. Sebab, bagian ini memiliki tekstur yang lebih empuk.

Sate Kambing (KlikDokter)

2. Pemotongan Daging

Selanjutnya, bagian pemotongan. Untuk pemotongannya, potong bentuk dadu ukuran kecil. Karena kalau ukurannya terlalu besar dan tebal akan sulit matang secara merata. Selain itu, jangan lupa untuk lihat alur seratnya. Ikuti arah serat sewaktu memotongnya.

Jangan lupa buang uratnya atau lapisan tipis yang berwarna putih pada daging. Biasanya, di dalam satu tusuk sate kambing di isi 3 potong daging. Satu lemak, satu potong hati, dan satu daging.

Penambahan lemak pada sate kambing biasanya agar rasanya menjadi lebih gurih dan nikmat saat disantap. Untuk lemak, letakan pada bagian tengah agar tidak hangus terbakar.

3. Daging Tidak Perlu Dicuci

Menurut beberapa penjual sate kambing, lebih baik jika daging kambing tidak perlu dicuci terlebih dulu. Sebab, hal itu dapat membuat tekstur daging jadi lebih alot dan aromanya tidak sedap. Selain itu, dapat merusak kualitas daging.

4. Bumbu

Agar daging kambing tidak bau prengus, bisa diberi bumbu seperti bawang putih, ketumbar, dan daun jeruk. Rendam daging kambing dalam racikan bumbu tersebut.

Selain mengurangi bau prengus, bumbu tersebut juga akan membuat rasa sate menjadi lebih gurih dan enak. Atau bisa juga saat membakar diberi bumbu olesan, seperti jahe, bawang putih, dan kecap.

Untuk membuat daging menjadi empuk dan menghilangkan bau prengus, bisa juga menggunakan nanas. Atau bisa juga dengan dibungkus menggunakan daun pepaya. Sebelum dibakar, celupkan daging kambing ke dalam bumbu kecap atau air kaldu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"