Yuk Kenalan dengan Ragam Kue Kering Khas Betawi, Rasanya Nikmat dan Gampang Dibuatnya

Yuk Kenalan dengan Ragam Kue Kering Khas Betawi, Rasanya Nikmat dan Gampang Dibuatnya

Betawi  memiliki ragam budaya yang masih dilestarikan, mulai dari pakaian, kesenian, hingga kuliner. Kue kering  khas Betawi adalah makanan yang sering muncul saat hari istimewa, seperti Lebaran atau pernikahan. 

Kue-kue kering khas Betawi ini tak kalah lezat dan nikmat dibandingkan kue-kue kering lainnya yang bukan berasal dari Betawi, sebut saja kue nastar, kue putri salju, atau kue kastengel. Berikut ini ada beberapa kue kering khas Betawi yang sudah dikenal di masyarakat. Jika mau dibuat pun cukup mudah kok.

1. Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang ini berwarna cokelat dan berbentuk pipih. Memang saat digigit kue ini tidak kenyal melainkan renyah. Kue ini mengandung rasa manis dan gurih. Jika mau membuat biji ketapang, bisa menggunakan bahan-bahan seperti tepung terigu dan santan kelapa.

Biji ketapang menjadi kue wajib bagi orang Betawi saat Lebaran tiba. Kue ini dimasak dengan dibuat bentuk adonan lalu digoreng. Agar tetap renyah, biji ketapang harus disimpan dalam wadah yang tertutup rapat.

Kue Biji Ketapang (Kumparan)


2. Kembang Goyang

Dari namanya saja kembang goyang memang memiliki hubungan dekat dengan kembang atau bunga. Kue dengan rasa gurih ini memiliki bentuk seperti bunga atau kembang karena dicetak dengan bentuk khusus dan dilepaskan dari cetakan dengan cara goyang-goyang.

Selain bisa dibuat dari rumah, kue yang terbuat dari tepung beras ini mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional di Jakarta. Biasanya penjual kue ini menjualnya dengan kiloan dan harga yang cukup terjangkau.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"