Pernah atau Sedang Tinggal di Jakarta, Intip Kebiasaan Orang Betawi yang Wajib Kamu Tahu Nih

Pernah atau Sedang Tinggal di Jakarta, Intip Kebiasaan Orang Betawi yang Wajib Kamu Tahu Nih

Orang Betawi adalah suku asli Jakarta yang memiliki ciri khas. Kebiasaan orang Betawi  pun sering ditunjukan di depan orang yang berasal dari suku lainnya. Mungkin bagi orang yang pernah atau sedang tinggal di Jakarta, tentu harusnya tahu terkait kebiasaan orang Betawi berikut ini.

1. Gaya Bicara

Orang Betawi memiliki kebiasaan yang mudah terlihat, misalnya dari segi gaya bicara. Nah gaya bicara orang Betawi itu identik dengan sesuatu yang ceplas-ceplos atau cablak saat ngobrol dengan orang lain.

Volume suara orang Betawi biasanya juga keras saat berbicara. Seseorang yang bicara dengan dialek bahasa Betawi biasanya mudah dicirikan, sama halnya dengan orang Jawa atau orang Batak.

Orang Betawi (Dailysia)

2. Tidak Merantau

Karena lahir dan besar di Jakarta, biasanya orang Betawi tidak akan merantau ke daerah lain seperti orang Jawa atau orang Sumatera yang merantau ke ibu kota untuk mengadu nasib. 

Namun biasanya orang Betawi yang memiliki banyak tanah atau rumah di Jakarta akan pindah ke daerah pinggiran Jakarta karena tempat tinggalnya digusur dengan pembangunan gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan. Biasanya orang Betawi pindah ke beberapa tempat seperti Depok, Bogor, atau Bekasi.

3. Jago Pantun

Pantun adalah seni budaya yang sampai saat ini masih dilestarikan orang Betawi. Biasanya orang Betawi pintar berpantun ketika mengobrol atau sedang menghadiri acara tertentu, seperti penikahan. Pantun-pantun yang diucapkan orang Betawi juga kreatif, menghibur dan memiliki makna yang dalam.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"