Tahu Baxo Bu Pudji dan Aneka Oleh-Oleh Khas Semarang

Tahu Baxo Bu Pudji dan Aneka Oleh-Oleh Khas Semarang

Dalam waktu dekat ini kamu mau ke Semarang? Jangan lupa bawain teman-teman dan keluarga oleh-oleh khas sana ya, salah satunya tahu baxo Bu Pudji yang hits banget!

Salah satu keunikan Indonesia adalah dikaruniai banyak sekali makanan yang enak dan setiap daerah punya kuliner khasnya masing-masing. Nggak heran, makanan sering jadi buah tangan kalau kamu mengunjungi suatu daerah. Nah, kalau lagi ke Semarang, kira-kira apa ya oleh-olehnya?

Tahu Baxo Bu Pudji

Tahu Baxo Bu Pudji Tahu bakso (dimanaja.com)

Pertama, ada tahu baxo yang fenomenal ini. Padahal, makanan ini sederhana banget lho, cuma tahu yang di dalamnya diisi bakso dengan aroma bawang. Tahu baxo sendiri ada dua tipe, yaitu rebus yang lembut dan tahu goreng yang renyah. Untuk makannya, bisa pakai cabai rawit hijau biar pedas. 

Selain tahu baxo, Bu Pudji juga punya bakso ayam, bakso sapi, dan bakso udang sebagai alternatif makanan di sana. 

Moaci

Moaci atau kue mochi ini juga bisa jadi oleh-oleh kalau kamu pergi ke Semarang. Moaci berukuran lebih besar dari mochi pada umumnya. Kue ini terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat dan di dalamnya diisi kacang dan gula. Sedangkan bagian luarnya diselimuti wijen. Enak banget!

Bandeng khas Semarang (Bandeng Juwana)

Bandeng Juwana

Selain camilan, bandeng juga bisa lho dijadikan buah tangan. Salah satu penjual bandeng ada di toko Bandeng Juwana Erlina di Pandanaran 57 dan Jalan Pamularsih 70. 

Di tokonya, kamu bisa menemukan aneka olahan bandeng, mulai dari bandeng duri lunak, bandeng asap, dan otak-otak bandeng. Kalau mau makan di sana, ada sate bandeng, bandeng tauco, dan gudeg bandeng lho!

Tahu petis

Pilihan oleh-oleh lain adalah tahu petis. Kalau dilihat-lihat, bentuknya mirip tahu bakso atau tahu isi. Perbedaannya terletak pada bagian isiannya, yaitu sambal petis. Petis sendiri biasanya dibuat dari ikan pindang, kupang, atau udang yang dipanaskan sampai menjadi saus yang kental, berwarna kehitaman, tapi rasanya cenderung manis.

Nah, untuk pembuatan tahu petis, tahu cukup dipotong-potong, diisi peits, lalu digoreng. Untuk oleh-oleh, kamu bisa beli tahu petis mentah yang bisa digoreng di rumah nantinya.

Lumpia (tokopedia.com)

Lumpia

Kalau yang satu ini sih udah terkenal banget ya. Lumpia isi rebung, telur, dan daging ayam atau udang ini jadi oleh-oleh wajib kalau ke Semarang. Isian rebungnya membuat keseluruhan rasa lumpia ini jadi unik banget. Biasanya, lumpia dimakan pakai saus khusus, cabai rawit, acar, dan daun bawang. 

Gampang banget menemukan lumpia di Semarang, salah satunya di Gang Lombok, kawasan pecinan. Kalau mau dibawa pulang, kamu akan diberikan lumpia yang sudah dibungkus kotak anyaman bambu. 

Roti ganjel rel

Ada oleh-oleh unik lagi nih dari Semarang, yaitu roti ganjel rel. Kenapa namanya gitu ya? Soalnya roti ini berukuran cukup besar, teksturnya padat, dan alot. Karena ukurannya, masyarakat menamakan kue ganjel rel karena mirip bantalan rel kereta api. 

Eits, meski mirip ganjelan rel, roti warna cokelat bertabur wijen ini enak lho! Rasa rotinya sendiri kayu manis. Kalau mau beli, kamu bisa cari di Pasar Johar.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"