Sering Ketuker Karena Sama-sama Dari Jepang! Ternyata Ini 4 Perbedaan Mencolok Ramen, Soba dan Udon

Sering Ketuker Karena Sama-sama Dari Jepang! Ternyata Ini 4 Perbedaan Mencolok Ramen, Soba dan Udon

Kuliner Jepang  semakin populer di Indonesia. Anak-anak dari kalangan millennial lebih menyukai menu mie dari Jepang seperti ramen , udon dan soba. Tapi banyak orang yang masih salah kaprah dengan ketiga mie tersebut dan sering menganggapnya sama. Padahal, ketiga jenis mie tersebut memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Apa saja perbedaan ramen, udon dan soba itu? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

1.    Beda Bahan Baku Dan Tekstur

Foto: Ramen – Udon – Soba (Flickr)

Mie ramen dan udon sama-sama terbuat dari tepung terigu. Namun yang membedakan, ramen memiliki bentuk lurus memanjang, keriting, dan tipis. Sementara itu, teksturnya cenderung lembut dan rentan hancur kalau dimasak terlalu lama.

Sedangkan bentuk mie udon lebih tebal dan lebar. Mie udon memiliki ukuran yang paling besar dibanding ramen dan soba. Tekstur mie udon juga yang paling kenyal. Selain tepung, ada sejumlah restoran yang membuat udon dari tepung beras.

Berbeda dari dua mie sebelumnya, soba terbuat dari tepung buckwheat (gandum kuda) ataupun menggunakan gandum hitam sebanyak 50-100 persen yang kemudian sisanya tepung terigu. Mie sehat Jepang ini bisa menjadi alternatif untuk kamu yang tidak bisa mengkonsumsi gluten. Mie soba dibentuk panjang dan berukuran agak tebal. Sekilas, bentuknya memang tidak jauh berbeda dengan ramen.

2.    Karakteristik Kuah

Ramen memiliki pilihan kuah yang paling banyak dari dua jenis mie lainnya. Tapi rata-rata, kuah ramen cenderung kental dan memiliki warna kuning keemasan yang didapat dari penambahan kansui atau telur. Adapun kenis kuah ramen diantaranya shio, miso, shoyu, kari atau tontotsu.

Sementara untuk kuah soba berwarna kehitaman dengan jenis kuah yakni zaru, kake, tempura, kitsune hingga tororo yang cenderung kental. Sedangkan udon punya kuah berwarna putih pucat. Jenis kuah untuk soba diantaranya kitsune, nabeyaki, kari dan yaki. Rasa mie soba cenderung lebih kuat dibandingkan udon.

3.    Cara Penyajian Kuah



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"