Sejarah Pizza yang Ternyata Bukan 'Asli' Italia, Ada Pengaruh Timur Tengahnya Juga Lho ...

Sejarah Pizza yang Ternyata Bukan 'Asli' Italia, Ada Pengaruh Timur Tengahnya Juga Lho ...

Pizza, siapa lagi yang gak tau makanan enak ini? Kamu pasti suka deh. Lumayan kenyang kalomakan ini sendirian, apalagi makan seloyang. Sendirian.

Orang-orang bilang, inilah salah satu makanan yang paling terkenal di dunia. Ya, selain spaghetti atau fettucini, dan lain sebagainya. 

Katanya makanan ini juga 'asli' dari Italia. Tapi apa bener begitu?

Gimana sih sejarah pizza? Katanya 'asli' Italia nih ... (theculturetrip.com)

Pizza dikenal sebagai roti bundar yang pipih. Pizza yang kita kenal sekarang kan pake topping tuh. Ada keju mozarella, saus tomat, dan daging. Pizza juga bisa kamu kreasikan sendiri pake berbagai bahan makanan kok. Bisa manis, bisa asin. Bebas deh.

Sejarah pizza jadi makanan terkenal di dunia tuh panjang banget ternyata. Bahkan, pizza sendiri bukanlah 'asli' dari Italia. Jadi resepnya gak bener-bener datang dari Italia sendiri.

Sejarah pizza ternyata ada pengaruh besar dari hidangan khas Timur Tengah gengs. Jauh juga ya~

Sebelum jadi pizza yang kita kenal sekarang, pizza diperkirakan datang dari makanan orang Timur Tengah jaman kuno.

Ada kemiripan sih sama makanan Timur Tengah ini (bbc.co.uk)

Yang paling utama dari pizza kan roti pipih dan bundarnya itu ya. Nah, ternyata roti pipih dan bundar itu diperkirakan adalah makanan penduduk Babel Kuno, yang sekarang wilayahnya jadi Palestina dan Israel.

Orang-orang Mesir juga makan roti pipih dan bundar ini. Mereka bikin roti pipih begitu dengan cara dipanggan dalam oven kuno dari tanah liat.

Sedangkan topping pizza yang bisa kamu kreasikan itu diperkirakan berasal dari hidangan penduduk Yunani Kuno dan Romawi Kuno gengs. Ya, pengaruh kebudayaan Mediteranianya kental banget.

Orang-orang Yunani dan Romawi Kuno saat itu juga makan roti pipih dan bundar yang dipanggang. Mereka makan roti itu pake minyak zaitun dan rempah-rempah. Sampe akhirnya ditambahkan daging dan keju.

Sekarang, roti pipih bundar untuk pizza itu lebih dikena sebagai makanan yang bernama focaccia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"