Sama-sama Enak dan Bikin Perut Kenyang, Ternyata Ini Bedanya Gudeg Jogja dan Gudeg Solo

Sama-sama Enak dan Bikin Perut Kenyang, Ternyata Ini Bedanya Gudeg Jogja dan Gudeg Solo

Saat liburan ke Jogja atau Yogyakarta, Tak lengkap jika tidak mencicipi aneka kuliner, seperti bakpia pathok, bakmi jowo, dan gudeg . Gudeg Jogja adalah makanan yang cukup tersohor di Indonesia. Tapi jangan salah dulu, karena gudeg tidak hanya berasal dari Jogja lho karena ada juga Gudeg Solo. Lalu apa yang bedakan kedua gudeg tersebut?

1.    Warna Gudeg

Yang membedakan pertama adalah soal warna. Jika diperhatikan warna Gudeg Jogja dan Gudeg Solo berbeda. Gudeg Jogja memiliki warna yang lebih pekat, bahkan sangat gelap karena saat dimasak menggunakan daun jati. Sedangkan Gudeg Solo warnanya tidak sepekat Gudeg Jogja.

2.    Kuah

Gudeg Jogja disajikan dengan bentuk yang kering atau tanpa kuah. Sementara Gudeg Solo memakai kuah yang membuat rasa semakin berbeda. Nah kalau kamu tim gudeg pakai kuah atau nggak nih? Keduanya sama-sama enak kok.

Sama-sama Enak dan Bikin Perut Kenyang, Ternyata Ini Bedanya Gudeg Jogja dan Gudeg Solo (JejakPiknik)

3.    Menu Pendamping

Makan gudeg saja tentu enak-enak saja dengan nasi hangat. Tapi nggak ada salahnya jika gudeg ditambahkan dengan menu pelengkap. Gudeg Jogja dan Gudeg Solo memiliki menu pendamping yang berbeda. Jika Gudeg Joga biasanya disajikan dengan tempe dan tahu bacem, serta krecek pedas, Gudeg Solo ditambahkan ceker ayam dan daun singkong.

4.    Rasa

Rasa Gudeg Jogja dan Solo berbeda. Gudeg Jogja identik dengan rasa yang manis. Sementara Gudeg Solo lebih menekankan rasa gurih dan sedikit asin. Kedua gudeg bisa dipilih sesuai selera masing-masing.

5.    Lokasi

Yang jelas Gudeg Jogja bisa dibeli di Yogyakarta dan Gudeg Solo di Solo. Beberapa tempat makan Gudeg Jogja yang ramai dikunjungi antara lain Gudeg Yu Djum, Gudeg Permata Bu Narti, dan Gudeg Mecon Bu Tinah. Sementara untuk Gudeg Solo bisa didapatkan di Gudeg Ceker Bu Kasno, Gudeg Bu Mari, dan Gudeg Mbak Yus.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"