Sama-sama dari Padang, Tau Nggak Bedanya Nasi Ampera dan Nasi Padang?

Sama-sama dari Padang, Tau Nggak Bedanya Nasi Ampera dan Nasi Padang?

Pernah mendengar nama Warung Nasi Ampera? Warung makan itu sama-sama berasal dari Sumatera Barat seperti Nasi Padang. Ampera selama ini identik dengan nama jembatan di Palembang, Sumatera Selatan, tapi kenapa dijadikan nama warung makan khas makanan Padang?

Jangan berpikir aneh dulu, karena Warung Nasi Ampera juga berasal dari Padang lho. Secara garis besar Warung Nasi Ampera dan Warung Nasi Padang memiliki kesamaan dalam segi menu lauk pauk yang disuguhkan, yang berbeda hanya cara penyajian makanannya saja.

Dilansir dari Kompas.com, makanan Warung Nasi Ampera dihidangkan langsung atau dicampur dengan menu lauk pauk dan sayuran, sementara Warung Nasi Padang disuguhkan berbeda-beda, karena lauk pauk dipisahkan dengan nasi dan diletakan di atas piring-piring kecil.

Sama-sama dari Padang, Tau Nggak Bedanya Warung Nasi Ampera dan Warung Nasi Padang (Tribun Travel)

Pembeli Warung Nasi Ampera perlu memilih lauk yang mau dia pesan kepada penjual dan menunggu di tempat duduk, karena makanan yang dipesan akan datang. Sementara pembeli Nasi Padang cukup langsung duduk di tempat duduk, nanti penjual akan membawakan menu-menu dalam piring kecil yang akan dipilih pembeli untuk dimakan.

Sementara itu ruangan atau ukuran tempat makan Warung Nasi Ampera dan Warung Nasi Padang berbeda. Ukuran Warung Nasi Ampera lebih kecil dibandingkan Warung Nasi Padang yang punya ukuran lebih luas dan besar. Warung Nasi Ampera benar-benar di warung sementara Warung Nasi Padang minimal jualan di tempat yang lebih luas, semisal di ruko.

Satu lagi jenis warung makan Padang yang punya ciri khas selain Warung Nasi Ampera dan Warung Nasi Padang yakni Warung Nasi Kapau. Dilansir dari Tempo, Nasi Padang dan Nasi Kapau berasal dari daerah yang berbeda di Sumatera Barat. Nasi padang identik dengan wilayah di Kota Padang. Sementara nasi kapau berasal dari Desa Kapau di Kabupaten Agam.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"