Rasa Umami Tuh Sebenernya Kayak Gimana Sih? Simak Nih Penjelasannya

Rasa Umami Tuh Sebenernya Kayak Gimana Sih? Simak Nih Penjelasannya

Sebenernya, rasa umami tuh kayak gimana sih? Simak deh penjelasannya, langsung dari ahlinya.

Sejauh ini, ada empat rasa makanan yang kita tau. Beberapa di antaranya seperti manis, asam, asin, dan pahit. Empat rasa itu bisa dideskripsikan karena kita kenal banget sama rasa-rasa itu. Ciy (loh kok ciye deh?).

Tapi ternyata ada rasa kelima yang diberi nama 'umami'. Sebenernya, rasa umami tuh kayak gimana sih? 

Rasa umami tuh yang kayak gimana sih? (istockphoto.com)

Beberapa makanan emang memiliki rasa yang rumit. Makanya, kadang-kadang sebuah makanan tuh sulit dimasukkan ke dalam kategori yang udah umum diketahui orang-orang.

Beberapa makanan dengan rasa yang rumit tadi seperti keju, miso, atau jamur. Makanan-makanan itu disebut memiliki rasa umami.

Secara historis, 'umami' sendiri ditemukan oleh seorang ahli kimia Jepang, Kikunae Ikeda tahun 1907 silam. Udah lama banget ya. Seperti dikutip dari Eat This, saat itu Ikeda tengah meneliti komposisi molekular dashi.

Ini Profesor Ikeda, yang nemuin rasa umami (glutamate.org)

Dashi populer banget di Jepang. Dashi adalah kaldu yang banyak dipakai berbagai jenis masakan Jepang. Ikeda menemukan bahan dari jenis rumput laut, lalu menemukan pula komponen yang menghadirkan rasa baru pada dashi. Yaitu asam glutamat.

Akhirnya, Ikeda pun menamai rasa itu sebagai 'umami'. Dalam bahasa Jepang, kata itu berarti 'lezat'.

Umami menjadi rasa kelima, hingga kemudian muncul dalam bahasa Inggris sekitar tahun 1970-an. Meski begitu, saat itu juga nggak banyak orang yang tau tentang karakter rasa umami.

Mareya Ibrahim, seorang chef yang juga menulis buku "Eat Like You Give a Fork: The Real Dish on Eating to Thriving", menjelaskan soal rasa umami.

Daging yang belum dibumbui tuh rasanya umami (seriouseats.com)

"Umami biasanya dideskripsikan untuk hidangan berbahan daging atau gurih, tapi rasa ini datang dari makanan yang secara alami tinggi kandungan asam glutamat," katanya.

Glutamat sendiri adalah senywa molekular pada asam glutamat. Glutamat dalam bentuk kristal disebut ... MSG. Kata anak-anak sekarang 'micin' yang kadang-kadang dimusuhin tapi dimakan juga. Hehehe.

Beberapa makanan, asam amino glutamat terbentuk secara alami.

Tomat rasanya juga umami (abelandcole.co.uk)

"Apa yang luar biasa tentang hal ini adalah penelitian yang menunjukkan konsumsi rasa umami membantu Anda merasa kenyang lebih cepat, karena mereka begitu memuaskan dan menyenangkan selera," kata Ibrahim.

"Itu bisa menjelaskan mengapa saus tomat dan saus salsa adalah dua bumbu kami yang paling populer--mereka dibuat dengan tomat, yang memiliki rasa umami," lanjut Ibrahim.

Btw, nggak cuma di daging aja gengs, rasa umami juga bisa ditemui di sejumlah makanan nabati lainnya. Mulai dari tomat, jamur, miso, rumput laut, kecap ikan, atau juga kecap.

Nori untuk sushi atau kimbap juga nih, umami ... (tokyospark.com)

Ada juga nih beberapa bumbu yang membuat rasa umami, mulai dari biji wijen, ikan bonito kering, sampe furikake yang dibuat dari rumput laut juga.

Jadi gimana, kebayang nggak gimana rasanya umami. Harus sambil makan deh kayaknya biar tau rasanya gimana, hehehe.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"