Ramuan Keabadian Ditemukan Arkeolog Di Tiongkok, Beneran Bikin Hidup Panjang?

Ramuan Keabadian Ditemukan Arkeolog Di Tiongkok, Beneran Bikin Hidup Panjang?

Ramuan keabadian (dikenal juga sebagai ramuan kehidupan) adalah substansi mitos yang diyakini memberi mereka yang mengkonsumsi kehidupan abadi. Berbagai peradaban sepanjang sejarah manusia memiliki versi mereka sendiri dari ramuan keabadian.

Ramuan keabadian ditemukan dalam berbagai budaya sepanjang sejarah. Di Yunani kuno, misalnya, zat ini dikenal sebagai 'ambrosia', atau 'nektar para dewa'. Orang Yunani kuno percaya bahwa para dewa mencapai keabadian mereka dengan mengonsumsi zat ini.

Mitos ramuan keabadian (thedailymeal.com)

Dalam legenda Arthurian, ada Cawan Suci, cawan yang dipercaya telah digunakan oleh Yesus Kristus selama Perjamuan Terakhir. Mereka yang minum dari cawan diyakini akan diberikan keabadian. Terakhir, alkemis abad pertengahan berusaha menciptakan ramuan kehidupan, dan Nicolas Flamel dianggap telah berhasil dalam upaya ini. Meskipun Flamel adalah orang sungguhan yang mungkin tidak mencoba-coba alkimia, ia mendapatkan reputasi sebagai ahli alkimia berabad-abad setelah kematiannya.

Dalam contoh di atas, ramuan keabadian sebagian besar terbatas pada bidang mitos dan legenda. Namun, dalam sejarah Tiongkok, manusia dapat memperoleh ramuan keabadian, dan banyak, yang biasanya anggota elit, didokumentasikan telah memakannya.

Namun ramuan ini, tidak hanya gagal memperpanjang hidup, tetapi mungkin telah meracuni mereka, dan bahkan menyebabkan kematian. Dasar ramuan keabadian Tiongkok ditemukan dalam alkimia Tao, yang berakar pada doktrin Taoisme. Dengan demikian, ada dua cabang alkimia Tao, Neidan dan Waidan.

Ramuan keabadian ditemukan di Tiongkok (thesun.co.uk)

Yang pertama, yang dikenal sebagai Internal Elixir / Alkimia, mengacu pada doktrin, serta praktik fisik, mental dan spiritual yang menggunakan tubuh manusia itu sendiri untuk mencapai keabadian. Neidan termasuk meditasi Tao, latihan fisiologis, terutama pernapasan dan diet.

Di sisi lain, Waidan berfokus pada penciptaan elixir keabadian dengan meracik berbagai zat. Dalam tradisi Waidan, ada dua metode utama untuk menciptakan ramuan kehidupan. Yang pertama melibatkan penggunaan merkuri dan timah, yang dikatakan mewakili prinsip Yin dan Yang.

Menurut kepercayaan Tao, Yang Murni adalah keadaan Keesaan sebelum pembagiannya menjadi Yin dan Yang. Metode utama lain dari tradisi Waidan mencakup penggunaan cinnabar, mineral merkuri sulfida yang dianggap dalam Taoisme sebagai zat Yang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"