Kenapa Warung Pecel Lele Nggak Jual Pecel? Ternyata Ini Alasannya

Kenapa Warung Pecel Lele Nggak Jual Pecel? Ternyata Ini Alasannya

Pecel lele menjadi salah satu makanan yang sering disantap banyak orang pada saat malam hari. Menjamurnya warung pecel lele di banyak tempat membuat kita tidak kesulitan mendapatkan makanan tersebut. Di warung pecel lele biasanya selain jual pecel lele, juga ada pecel ayam dan kadang soto ayam.

Namun apakah kamu pernah berpikir jika di warung pecel lele tak menjual pecel? Pecel merupakan makanan yang terbuat dari sayur-sayuran seperti tauge, kacang panjang, kemangi, bayam, hingga sambal kacang untuk penambah cita rasa.

Dikutip dari Grid, Ternyata pada sejarahnya dahulu pecel lele bernama pecek lele. Pecek merupakan cara  menghidangkan makanan di Jawa Timur yang menyajikan berbagai lauk-paut yang dipenyet atau digeprek hingga digoreng. Biasanya penyajian itu ditambah dengan penggunaan sambal.

Ilustrasi Warung Pecel Lele (Merdeka.com)

Pada pecek tersebut biasanya banyak orang menggunakan lauk-pauk seperti ayam goreng, ikan, tahu, tempe, hingga terong. Nah karena makanan pecek terkenal di Jawa Timur, banyak orang dari Jawa Timur mencoba peruntungan dengan menjual pecek di Jakarta.

Saat baru tiba di Jakarta, para pedagang juga pecek baru tahu jika di Jakarta ada sala satu makanan khas Betawi  yang bernama pecak. Pecak identik dengan menu ikan tawar, dengan pengolahan dibakar atau digoreng lalu disiram kuah dengan tambahan bumbu campuran cabai dan kemiri.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"