Orang Jawa Ngaku Bingung dengan Pecel Lele dan Ayam di Jakarta: Kayak Gimana Sih?

Orang Jawa Ngaku Bingung dengan Pecel Lele dan Ayam di Jakarta: Kayak Gimana Sih?

Istilah cultue shock umumnya dialami bagi sebagian oran yang baru saja hidup merantau dari kota kelahirannya. Ternyata, kondisi ini tak cuma dialam oleh orang-orang yang tinggal di luar negeri saja, tapi juga di Indonesia.

Banyak orang yang mengalami culture shock saat memilih makanan. Salah satunya seperti perbedaan antara pecel lele dan pecel ayam di Jakarta yang seringkali membuat orang Jawa bingung.

"Aku tuh masih heran sampai sekarang, kok bisa makanan ini disebut sebagai pecel lele dan pecel ayam. Pecelnya mana?" tanya pengguna X (Twitter) @afrkml (24/06).

Perbedaan pecel lele di Jawa dan Jakarta (via x)

Cuitan di X ini pun sudah dibaca sebanyak 1,3 juta kali. Hal ini terjadi bagi orang-orang Jawa yang seketika pindah ke Jakarta dan sekitarnya.

Mereka mengira, jika pecel merupakan hidangan sayur rebus atau kukus yang disajikan dengan bumbu kacang. Namun di Jakarta sendiri, istilah pecel ayam dan pecel lele ini merujuk pada hidangan lauk goreng beserta sambal dan lalapan.

"Sebagai orang Jember, aku juga heran awal-awal tahu makanan ini disebut lele. Lah pecelnya manaa nih," tulis @wand*** bingung.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"