Karena Keliatan Mirip, Apa Sih Bedanya Es Krim dan Gelato?

Karena Keliatan Mirip, Apa Sih Bedanya Es Krim dan Gelato?

Karena keliatan mirip, sebenernya apa sih bedanya es krim dan gelato? Simak deh ulasannya.

Jaman sekarang, banyak tuh restoran yang mulai menawarkan gelato sebagai hidangan penutup. Begitu kita tau, gelato tuh sebenernya keliatan mirip banget ya sama es krim.

Tapi, gelato tuh punya perbedaan loh sama es krim. Banyak juga orang yang mengira kedua makanan dingin ini ... sama.

Kalo gitu, apa sih bedanya es krim dan gelato? Seperti dikutip dari Kompas.com, simak kuy perbedaan antara es krim dan gelato.

Gelato

Gelato Apa sih bedanya es krim dan gelato? (seriouseats.com)

Gelato sebenernya bahasa Italia dari es krim. Tapi gelato tuh punya ciri khasnya sendiri. Tekstur yang lebih lembut, halus, dan padat. Rasa susu dari gelato juga lebih terasa.

Sejarahnya nih ... gelato tuh muncul pada masa Renaissance silam, ketika alekmis Cosimo Ruggieri menciptakan rasa gelato pertama di istana keluarga Medici di Florenzia, Italia.

Ruggeri kala itu cuma seorang peternak ayam yang hobinya masak. Terus sekitar abad ke-15 dan 16, Medici mengadakan sebuah kompetisi untuk membuat makanan penutup yang enak. Nah, Ruggeri pun menang berkat hidangan es serut yang berlumur dengan buah.

Sejarah gelato tuh panjang juga ya ternyata (hunterhunter.com.au)

Di lain waktu, Catherine, salah seorang anggota keluarga Medici menikah dengan calon Raja Prancis. Tapi karena Catherine pengin es krim itu terus dan terus, Ruggeri pun dibawa serta oleh Catherine. Dan di pesta pernikahan Catherine, Ruggeri pun membuat ribuan porsi es serut tadi yang kemudian diberi nama sorbet.

Sekitar akhir tahun 1500, keluarga Medici pun menugaskan seniman terkenal dan arsitek Bernardo Buontalenti. Dia ditugaskan untuk menyiapkan jamuan bagi Raja Spanyol. Karena keahliannya di dunia kuliner, Buontalenti mengubah sorbet tadi menjadi hidangan yang bernama gelato.

Bikin gelato jaman sekarang begini gengs (livitaly.com)

Gelato sendiri dipopulerkan oleh seorang nelayan Sisilia yang bernama Francesco Procopio dei Coltelli. Mesin gelato pertama di dunia pun diciptakannya di Palermo tahun 1686.

Procopio pun membuka kedainya di Paris dengan nama Cafe Procope yang menjual gelato dan kopi. Katanya nih, kafe itu sih masih buka sampe sekarang.

Es krim

Es krim Kalo es krim punya sejarah lebih tua lagi gengs (omgfacts.com)

Kalo es krim juga punya sejarah sendiri gengs. Kemunculannya dipercaya berawal dari zaman kepemimpinan Kaisar Nero dari Romawi tahun 64 Masehi. Buktinya tercatat dalam catatan sejarah tentang salah satu hidangan pesta.

Hidangan itu berupa es salju halus yang diambil dari pegunungan dan dihidangkan bersama buah-buahan serta madu.

Sementara Kaisar Tang dari Dinasti Shang di China adalah orang pertama yang memperkenalkan bentukes krim seperti yang kita ketahui sekarang pada tahun 700 Masehi silam. Dalam penyajiannya, Kaisar Tang meminta es dari salju itu dicampur dengan susu sapi, tepung, dan sedikit kapur barus.

Es krim jaman dulu dibuat dari salju gengs (businessinsider.com)

Adonan itu diaduk hingga berbentuk krim, kayak es krim yang kita kenali sekarang. Sementara di Indonesia, es krim dibawa oleh Belanda. Dulu, ada tuh yang namanya Ice Cream Saloon yang bisa dinikmati beberapa kota di Pulau Jawa.

Saat itu, es krim di Tanah Air juga merupakan makanan mahal dan mevvah. Makanya, nggak banyak orang bisa menikmati makanan itu.

Jadi bedanya apa?

Jadi bedanya apa? Ini dia perbedaan es krim dan gelato (theuijunkie.com)

Menurut Morgan Moramo, CEO dan Founder Morano Gelato Inc, ada tiga perbedaan utama antara gelato Italia dan es krim.

1. Gelato tuh memiliki kandungan lemak yang lebih rendah lemak daripada es krim. Es krim memiliki kandungan lemak mentega 14-25 persen. Kadar lemak Gelato berkisar antara 4-9 persen aja.

2. Gelato lebih padat dari es krim. Es krim tuh mengandung 50 persen atau lebih udara yang diaduk ke dalamnya. Sementara gelato cuma mengandung 20-30 persen aja.

3. Gelato disajikan dengan suhu 10-15 derajat lebih hangat ketimbang es krim.

Jadi itu dia sedikit sejarah tentang gelato dan es krim. Kalian jadi tau nih perbedaannya. Kalian jadi bisa jelasin ke temen-temen nih apa perbedaan keduanya. Oke.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"