Jangan Langsung Makan Gorengan, Ini 5 Jenis Menu Berbuka Puasa Untuk Diet Rendah Kalori Dijamin Gak Bikin Begah

Jangan Langsung Makan Gorengan, Ini 5 Jenis Menu Berbuka Puasa Untuk Diet Rendah Kalori Dijamin Gak Bikin Begah

Puasa  tinggal menghitung hari. Banyak umat Muslim yang antusias menyambut bulan suci Ramadhan tahun 2022 ini. Tapi sayangnya di momen itu pula, masih ada orang yang menjadikannya alasan untuk melupakan diet  yang sudah dijalaninya. Tidak jarang mereka lapar mata dan akhirnya lepas kendali lalu makan sembarangan menu ketika buka puasa. Apalagi saat melihat gorengan di atas meja makan.

Entah kenapa, gorengan memang terasa lebih nikmat jika disantap saat berbuka puasa. Tapi hal ini justru akan membuat perutmu terasa begah. Yang akhirnya membuat berat kamu bertambah dan menjadi lebih gemuk dari sebelumnya jika terus-menerus dibiarkan. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari konsumsi makanan yang mengandung minyak terlalu banyak dan tinggi karbohidrat seperti gorengan dan junk food.

Untuk mencapai berat badan ideal selama puasa, kamu perlu mengimbangi menu berbuka dengan menyantap makanan yang rendah kalori, tinggi serat, protein, vitamin dan tentunya bernutrisi. Apa saja makanan itu? Kamu tidak perlu bingung, berikut ini sudah dirangkum 5 jenis menu berbuka puasa untuk diet. Simak sampai habis ya!

1.    Air Putih dan 3 Buah Kurma

Foto: Menu Buka Puasa (Kompasiana)

Segera setelah adzan berkumandang langsung minum air putih lalu dilanjutkan dengan menyantap tiga buah kurma untuk mengembalikan energi tubuh setelah seharian berpuasa. Pilihan makanan ini juga merupakan salah satu menu buka puasa ajaran Nabi Muhammad SAW. Kurma juga dikenal sebagai buah yang kaya manfaat, mengenyangkan dan mengandung nutrisi yang baik untuk diet seperti potasium, magnesium, zat besi, vitamin B6 hingga fiber yang dapat memperlancar pencernaan.

2.    Salad Buah

Buah juga bisa menjadi pilihan menu untuk buka puasa. Diketahui, orang yang konsumsi buah lebih banyak buah setiap harinya bisa menghindarkan diri dari kelebihan berat badan atau obesitas. Selain makan buah secara utuh, kamu juga bisa membuat salah buah untuk hidangan berbuka. Tentunya menu ini berguna untuk diet yang menyehatkan dan menyegarkan. Asalkan, kamu harus memastikan jika buahnya lebih banyak dibandingkan saus atau dressingnya ya.

3.    Nasi Merah



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"