Ini Lho Makanan Paling Enteng di Dunia, Seberat Apa Sih?

Ini Lho Makanan Paling Enteng di Dunia, Seberat Apa Sih?

Ini lho makanan paling enteng di dunia. Seberat apa sih?

Makanan paling enteng yang kita tau selama ini mungkin kerupuk kali ya. Kayaknya belom ada yang lebih enteng dari itu. 

Makanan ringan kemasan juga sih, biasanya enteng banget. Gak bikin kenyang.

Tapi sekarang, ada makanan paling enteng di dunia yang lebih enteng lagi dari kerupuk. Kalo kerupuk kan pelengkap makanan utama ya, kalo makanan ini statusnya adalah ... dessert.

Ini dia makanan paling enteng di dunia (dezeen.com)

Dessert yang satu ini emang diklaim sebagai makanan paling enteng di dunia. Beratnya cuma 1 gram doang! Gokil.

Makanan paling enteng ini dibuat dengan serius oleh desainder dari studio desain Bompass & Parr di London, Inggris. Mereka juga bekerja sama dengan peneliti dari laboratorium Aerogelex di Hamburg, Jerman.

Makanan pencuci mulut paling enteng di dunia itu dirancang dengan memindahkan sifat-sifat bahan padat paling ringan di dunia. Begitu jadi dessert, jadi bisa dimakan deh.

Makanan pencuci mulut itu menggunakan prinsip material aerogel. 

Dessert ini beratnya cuman 1 gram doang (dezeen.com)

Aerogel sendiri ditemukan tahun 1931 silam oleh ahli kimia Amerika, Samuel Kistler. Penemuan material super enteng itu berhasil menjawab tantangan peneliti Charles Learned yang mengubah kandungan air pada gel dengan udara. Bentuknya pun gak akan menyusut meski terdiri dari angin.

Aerogel memiliki kandungan udara sekitar 95 hingga 99,8 persen. Makanya disebut sebagai material paling enteng di dunia. Gokilnya lagi nih, aerogel bisa dibuat dari material apa aja.

Dalam hal ini, Bompass & Parr membuat dessert itu menggunakan meringue. Meski prosesnya panjang, mereka menggunakan cara yang agak beda dari biasanya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"