Hikayat Kocak tentang Asal Usul Rujak Cingur, Makanan Khas Surabaya yang Enak Banget

Hikayat Kocak tentang Asal Usul Rujak Cingur, Makanan Khas Surabaya yang Enak Banget

Tahukah kamu asal usul rujak cingur? Atau jangan-jangan kamu belum pernah mendengar nama makanan ini? Bagi yang belum tahu, .akanan ini merupakan salah satu kuliner tradisional khas Surabaya. Meski bumbunya berwarna hitam dan berisi sayuran, namun rasanya bikin ketagihan lho.

Sebagai informasi, pada tahun 2021, rujak cingur ternyata sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Jadi nggak heran, kalau makanan yang satu ini banyak peminatnya.

Meski demikian, asal usul rujak cingur memang tidak pernah diketahui pasti. Namun kemudian muncul guyonan yang menyatakan bahwa makanan ini berasal dari Mesir. Benarkah demikian? Yuk cari tahu di sini!

Rujak Cingur Disebut Berasal dari Mesir

Asal Usul Rujak Cingur (via Kompas)

Walau populer di Indonesia, terutama Jawa Timur, tahu nggak sih kalau ternyata rujak cingur diyakini berasal dari Negara Mesir? Mengutip laman Pegi Pegi, dahulu ketika Raja Firaun Hanyokrowati berulang tahun, dia meminta selurus koki istana untuk menyajikan makanan istimewa untuk dirinya.

Sayangnya makanan-makanan yang sudah tersaji tidak ada yang cocok dengan lidahnya. Akhirnya muncullah seorang punggawa kerajaan bernama Abdul Rojak yang berkata bahwa dia ingin menyajikan makanan untuk Sang Raja.

Kemudian, punggawa ini membawa bungkusan daun pisang yang berisi makanan. Setelah dicicipi oleh sang Rasa, ternyata dia begitu menyukainya dan menyantapnya dengan lahap hingga bercucuran keringat karena sensasi pedasnya.

Karena makanan yang disajikan oleh Abdul Rojak berhasil membuat Sang Raja puas, maka dia dihadiahi sebuah kapal laut yang membawanya mengembara hingga ke Tanjung Perak Surabaya di masa perdagangan. Pada masa itulah, dia menyebarkan resep makanan rujak cingur.

Rujak Berasal dari Kata Rojak



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"