Gak Cuma dari Hewani, Berikut Sumber Omega 3 dari Nabati untuk Kamu yang Vegetarian

Gak Cuma dari Hewani, Berikut Sumber Omega 3 dari Nabati untuk Kamu yang Vegetarian

Ada tiga jenis utama asam lemak omega-3, yang disebut ALA, DHA, dan EPA. Banyak dari kamu mungkin sudah tahu bahwa ikan berlemak adalah sumber makanan omega-3 yang sangat baik. Sayangnya, belum banyak yang tahu kalau asupan omega-3 juga bisa didapat dari nabati. Nah, buat kamu yang mau mencoba vegetarian atau malah sudah vegan, kamu bisa memperoleh asupan kaya omega-3 lewat sayuran seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Sumber tanaman, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, kaya akan ALA, sedangkan ikan, rumput laut, dan ganggang dapat menyediakan asam lemak DHA dan EPA. Makan berbagai sumber omega-3 sangat penting untuk tubuh.

Nah, berikut ini adalah beberapa sumber omega 3 yang bisa kamu dapat dari tumbuh-tumbuhan. 

1. Chia Seeds

Chia Seeds (hellosehat.com)

Biji chia dikenal karena banyak manfaat kesehatannya, memberikan dosis serat dan protein yang besar dan kuat dalam setiap porsi.

Mereka juga merupakan sumber asam lemak ALA omega-3 nabati yang bagus.

Penelitian telah menemukan bahwa, berkat omega-3, serat, dan proteinnya, biji chia dapat mengurangi risiko penyakit kronis bila dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat.

2. Kubis Brussel

Selain kandungan vitamin K, vitamin C, dan seratnya yang tinggi, kubis Brussel merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik.

Karena sayuran seperti kubis Brussel sangat kaya akan asam lemak omega-3 dan nutrisi lainnya, mereka memiliki banyak manfaat kesehatan.

3. Kenari

Kacang kenari sarat dengan lemak sehat dan asam lemak ALA omega-3. Faktanya, kenari terdiri dari sekitar 65% lemak menurut beratnya.

Beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa kenari dapat membantu meningkatkan kesehatan otak karena kandungan omega-3-nya.

Studi pada manusia dan hewan telah menemukan bahwa makan kenari berkaitan dengan peningkatan kinerja kognitif dan memori.

4. Flaxeeds

Flaxeeds atau Biji rami adalah pembangkit tenaga nutrisi, menyediakan serat, protein, magnesium, dan mangan dalam jumlah yang baik dalam setiap porsi.

Sumber pangan ini juga merupakan sumber omega-3 yang sangat baik.

Beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat biji rami yang menyehatkan jantung, sebagian besar berkat kandungan asam lemak omega-3-nya.

5. Rumput Laut dan Alga



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"