Gak Cukup Pakai Air! Gini Cara Toples Tetap Bening Meski Dipakai Berulang Kali, Lengkap Tips Hilangkan Bau Apek

Gak Cukup Pakai Air! Gini Cara Toples Tetap Bening Meski Dipakai Berulang Kali, Lengkap Tips Hilangkan Bau Apek

Saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, toples merupakan benda yang paling sering dipakai. Pasalnya, toples akan digunakan untuk menyimpan aneka hidangan untuk sajian para tamu. Yang paling sering sih untuk aneka gorengan seperti peyek, kerupuk ataupun kue kering.

Jika isinya sudah habis, pasti toples langsung dicuci dan disimpan kembali ke lemari penyimpanan. Tapi mencuci toples dengan air saja tidak cukup loh! Toples jadi salah satu benda yang mudah sekali buram. Maka dari itu, penting merawatnya agar tidak gampang dibeli baru. 

Tenang saja, toples memang mudah kusam dan tidak mengkilap lagi karena sisa minyak yang menempel. Kamu pun tidak perlu terburu-buru untuk membeli toples yang baru karena ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk membuat toples tetap bening. 

Ilustrasi Toples Kusam (Momdadi)

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan bahan yang tersedia di dapur yakni dengan tepung kanji. Jenis tepung ini bisa membantu menyerap minyak. Jadi, toples yang sebelumnya kusam bisa kembali bening dan dipakai kembali di lebaran berikutnya. Adapun caranya sebagai berikut.

  1. Masukkan 2 sendok makan tepung kanji ke dalam toples. Semakin besar toplesnya, maka makin banyak tepung kanji yang harus digunakan.

  2. Setelahnya, gosokkan tepung kanji ke seluruh permukaan toples sampai rata. Jika sudah, keluarkan tepungnya.

  3. Lap toples menggunakan kain atau serbet yang halus dan kering sambil digosok-gosok.

  4. Kemudian, cuci toples dengan sabun cuci piring seperti biasa. Tunggu sampai toples kering atau bisa dikeringkan memakai kain.

Cara Menghilangkan Bau Apek pada Toples



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"