Gak Bingung Lagi, Ternyata Ikan Dori dengan Ikan Patin Itu Sama! Berikut Penjelasan Ahli

Gak Bingung Lagi, Ternyata Ikan Dori dengan Ikan Patin Itu Sama! Berikut Penjelasan Ahli

Mungkin kamu salah satu orang yang sampai sekarang bingung dengan identitas ikan dori. Apalagi kini banyak perbincangan di medsos bahwa ikan dori adalah ikan patin.

Banyak juga yang mengira bahwa ikan dori yang dijual di pasaran saat ini adalah jenis ikan Jhon Dory yang hidup di laut. 

Jadi, bagaimana fakta sebenarnya? Daripada bingung dan penasaran. Yuk, cari tahu ikan apa dori sebenarnya!

Potret dori fillet (cdn.shopify.com)

# Jenis Ikan Air Tawar 

Faktanya, ikan dori fillet yang sering diolah menjadi masakan fish and chips atau ikan dori goreng tepung adalah ikan patin yang hidup di air tawar.

Mantan menteri kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo pernah menjelaskan bahwa ikan dori adalah bagian dari produk olahan ikan patin yang hidup di air tawar. Bukan ikan John Dori yang hidup di laut.

"Dori sebetulnya itu sama dengan patin. Tapi umum mengetahui kalau namanya dori itu produk olahan dari luar. Yang produk Indonesia kita lebih sering menyebutnya dengan patin," ujar Edhy Prabowo.

# Menu Olahan Ikan Patin

Ikan patin atau dori biasa diolah menjadi pindang ikan patin. Terutama di Palembang. Sementara di restoran yang menyajikan menu western, ikan patin diolah menjadi menu 'fish and chips'.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"