Dijadikan Bahan Utama Lumpia Semarang, Inilah 5 Manfaat Rebung bagi Kesehatan

Dijadikan Bahan Utama Lumpia Semarang, Inilah 5 Manfaat Rebung bagi Kesehatan

Rebung merupakan tunas bambu yang usianya masih muda. Meski tak banyak yang tau, akan tetapi sayuran ini sering diolah menjadi beberapa makanan bahkan Lumpia Semarang, makanan khas Semarang yang paling terkenal itu menggunakan rebung sebagai bahan utamanya. Rasanya sendiri tergolong unik, cenderung pahit dan hanya bisa hilang jika cara memasaknya benar.

Namun, keberadaan rebung banyak kurang disukai lantaran bau pesingnya yang khas. Padahal, ia memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuhmu. Berikut ini 5 manfaat rebung bagi kesehatan seperti dirangkum dari beberapa sumber. Simak, ya!

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di tengah cuaca yang kurang menentu dan masih berada pada masa pandemi, kesehatan tubuh perlu dijaga lebih ketat. Salah satunya dengan mengonsumsi rebung yang nyatanya memiliki antioksidan.

Kandungan ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari infeksi bakteri serta mencegah peradangan. Peran lainnya, yaitu menghambat kerusakan sel-sel tubuh dari berbagai radikal bebas yang masuk.

Manfaat Rebung bagi Kesehatan (KlikDokter)

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Seperti sayuran lainnya, rebung juga tinggi akan serat. Kandungan ini dapat memperlancar sistem pencernaan sehingga kamu dijauhkan dari beberapa masalah, seperti diare dan sembelit (susah buang air besar).

Jadi, begitu mengonsumsi rebung, waktu BAB akan lebih teratur. Proses pembuangannya juga tidak keras karena sudah dilancarkan oleh serat yang terkandung di dalamnya. Perut akan terhindar dari buncit dan menjadi lebih sehat.

3. Menjaga Berat Badan

Berat badan ideal merupakan satu hal yang ingin dimiliki oleh tiap orang. Untuk mendapatkannya, kamu perlu diet dan menjaga agar tetap di angka batas normal. Misal, dengan mengonsumsi rebung yang rendah kalori.

Tak hanya itu, kandungan serat dan proteinnya juga bisa memberikan efek kenyang lebih cepat. Oleh karenanya, rebung bisa kamu manfaatkan untuk menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap ideal.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"