Dianggap Sepele! Siapa Sangka 5 Kebiasaan Masak Ini Bisa Berbahaya Buat Kesehatan, Waspada Yuk!

Dianggap Sepele! Siapa Sangka 5 Kebiasaan Masak Ini Bisa Berbahaya Buat Kesehatan, Waspada Yuk!

Memasak merupakan kegiatan yang menyenangkan buat sebagian orang untuk mengisi waktu luangnya. Jadi buat mereka yang hobi masak, menghabiskan waktu berjam-jam di dapur bukan jadi masalah. Tapi, sudah yakinkah kamu kebiasaan memasakmu selama ini sudah benar?

Memasak bukan hanya soal mengolah makanan menjadi lezat. Kebiasaan memasak yang kurang tepat tak hanya bisa mengurangi cita rasa tapi juga berpengaruh pada kandungan nutrisi makanan tersebut. Bukannya bikin sehat, kebiasaan masak yang salah bisa memicu dampak berbahaya bagi kesehatan.

Pasalnya, ada kebiasaan memasak yang bisa memicu pertumbuhan bakteri hingga memicu keracunan serta infeksi. Kamu penasaran kan apa saja kebiasaan masak yang bisa berbahaya buat kesehatan? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

1. Mencairkan Daging

Ilustrasi Daging Beku (Kompas)

Menyimpan daging dalam suhu beku sebagai stok makanan merupakan hal yang biasa. Daging beku memang bisa disimpan dalam jangka waktu lama bahkan sampai berbulan-bulan. Walaupun terbilang aman untuk diolah lagi, tapi banyak orang yang tidak tahu teknik melumerkan daging beku yang aman.

Masih ada yang mencairkan daging beku dengan meletakkannya di luar begitu saja. Hal ini justru tidak disarankan karena membiarkan daging beku di suhu ruangan bisa membuat bakteri berkembang biak dengan cepat dan beresiko menyebabkan keracunan. Daging mentah termasuk bahan makanan yang mudah rusak. 

Maka dari itu, tidak direkomendasikan untuk meninggalkan makanan tersebut di luar kulkas selama lebih dari dua jam. Jadi sebaiknya melumerkan daging beku bisa menggunakan cara merendam daging beku ke air dingin. Tapi pastikan daging beku disimpan dalam plastik dengan rapat ya!

Atau cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan daging ke lemari es. Memang membiarkan daging meleleh secara perlahan di lemari es membutuhkan waktu lama. Jadi sebaiknya, jika ingin mengolah daging beku, coba cairkan satu hari sebelum dimasak.

2. Cuci Daging Mentah



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"