Bisa Hilang Manfaatnya, 5 Buah Ini Sebaiknya Jangan Dijadikan Jus, Nomor 1 Bisa Menyebabkan Diare

Bisa Hilang Manfaatnya, 5 Buah Ini Sebaiknya Jangan Dijadikan Jus, Nomor 1 Bisa Menyebabkan Diare

Buah  dan sayur merupakan makanan wajib yang harus dikonsumsi setiap hari. Pasalnya, keduanya mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh mulai dari vitamin, mineral, serat sampai protein. Sehingga, buah dan sayur sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menikmati buah dan sayur.

Selain dimakan secara langsung, kamu juga bisa mengolahnya lebih dulu seperti dibuat jus . Untuk membuat jus, kamu bisa memakai juicer atau blender. Sebagai informasi, juicer digunakan untuk memperoleh sari dari sayur maupun buah. Sementara blender, digunakan untuk menghaluskan buah dan sayur sehingga jadi lebih mudah dikonsumsi.

Tapi ternyata, tidak semua buah bisa dibuat jus, baik dengan juicer maupun blender. Alih-alih mendapat manfaat, kamu justru bisa kehilangan vitaminnya jika nekat melakukannya. Lantas apa saja buah yang tidak boleh dibuat jus? Berikut daftarnya.

1.    Pir

Foto: Jus Pir (Tokopedia)

Berbeda dari buah yang mengandung banyak air lainnya, pir tidak boleh dibuat jus karena bisa mempengaruhi sistem pencernaan. Seperti diketahui, pir mengandung sorbitol yakni gula yang lambat untuk dicerna tubuh dan dapat merangsang pergerakan usus. Untuk orang yang mengalami sembelit, jus ini mungkin membawa manfaat.

Tapi untuk orang yang sedang diare, jus ini malah bisa memperparah gejalanya. Sebenarnya, pir bukannya tidak boleh dibuat jus. Akan tetapi, buah ini lebih baik jika dikonsumsi langsung untuk mendapatkan serat sehatnya sekaligus. Kalau dibuat jus memakai juicer, kemungkinan besar buah pir yang kamu gunakan lebih banyak. Sehingga, kandungan sorbitolnya jadi lebih tinggi dan ini bisa saja membuat kamu diare.

2.    Alpukat

Alpukat merupakan satu-satunya buah yang mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung. Tapi kalau ingin mengonsumsinya dalam bentuk jus, sebaiknya gunakan blender bukan juicer. Sebab, alpukat tidak mengandung banyak air sehingga lebih cocok untuk diblender. Kalau menggunakan juicer, kamu tidak akan mendapat nutrisi alpukat secara utuh. Kamu juga bisa menghancurkannya dengan sendok karena tekstur buah alpukat sangat mudah dihaluskan.

3.    Jeruk



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"