Berasal dari Ayam, Kenapa Ada Telur yang Disebut Telur Mata Sapi?

Berasal dari Ayam, Kenapa Ada Telur yang Disebut Telur Mata Sapi?

Telur  mata sapi  adalah jenis makanan yang cukup terkenal di Indonesia. Makanan yang berasal dari telur ayam ini biasa dikonsumsi di waktu pagi hari atau saat sarapan. Ada orang yang makan telur mata sapi dicampur dengan nasi goreng atau nasi putih.

Tapi kenapa telur itu disebut telur mata sapi padahal berasal dari telur ayam? Apakah telur itu memiliki bentuk mirip mata sapi? Telur mata sapi memiliki bentuk yang hampir sama dengan telur ceplok. Di beberapa negara di dunia, telur ceplok memiliki nama yang berbeda-beda.

Menurut Encyclopedia Britannica, misalnya di Amerika Serikat khususnya di wilayah Maryland, telur ceplok terkenal dengan nama dippy eggs yang berarti telur yang dicelup. Di Indonesia sendiri dinamakan telur ceplok karena proses memasaknya dengan memecah telur menjadi dua dan menjatuhkan ke penggorengan dan terdengar suara “ceplok”.

Berasal dari Ayam, Kenapa Ada Telur Disebut Telur Mata Sapi (detikFood)

Telur mata sapi diawali oleh orang Prancis yang datang ke Indonesia puluhan tahun lalu. Saat mereka melihat telur ceplok mereka menyebutnya dengan sebutan Eil de Boeuf yang jika diterjamahkan dalam bahasa Inggri menjadi Bull’s Eye yang berarti mata sapi.

Meskipun secara harafiah Eil de Boeuf bermakna mata sapi, tetapi ada juga orang Prancis itu lebih merujuk kepada titik tengah lingkaran yang mirip dijadikan sasaran panah. Ada juga yang menganggap telur ceplok di bagian tengahnya bentuknya mirip seperti mata dan berukuran besar dan dianggap mirip dengan mata sapi.

Selain memiliki rasa yang enak dan mudah dibuat, telur mata sapi atau telur ceplok memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Telur mengandung mineral dan vitamin yang penting bagi pola makan sehat. Telur mengandung 6 gram protein, 5 gram lemak dan beberapa vitamin seperti vitamin A, B5, B12, B2, dan E.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"