Banyak Dibenci, Siapa Sangka Sayuran Populer Ini Punya Segudang Manfaat Manis Untuk Tubuh, Salah Satunya Bagi Jantung

Banyak Dibenci, Siapa Sangka Sayuran Populer Ini Punya Segudang Manfaat Manis Untuk Tubuh, Salah Satunya Bagi Jantung

Pare  merupakan salah satu sayuran populer di Indonesia. Namun pare kurang disukai karena rasanya yang pahit. Walaupun sudah dimasak dengan baik, tapi terkadang rasa pahitnya masih tersisa. Meski demikian, buah pare rupanya tidak hanya dijadikan untuk berbagai jenis masakan, tapi juga punya fungsi sebagai tanaman obat di sejumlah negara.

Dikutip dari Katadata, pare sering dimanfaatkan masyarakat Jepang bagian selatan untuk obat pencahar, laksatif dan obat cacing. Sementara di India, ekstrak buah pare digunakan sebagai obat diabetik, rheumatik, obat gout, obat penyakit liver dan obat penyakit limfa.

Sedangkan di Indonesia, pare juga digunakan secara tradisional untuk peluruh dahak, obat penurun panas dan penambah nafsu makan. Tidak hanya itu, daunnya juga dimanfaatkan sebagai peluruh haid, obat luka bakar, obat penyakit kulit dan obat cacing. Tapi selain itu, pare masih punya segudang kegunaan lain loh! Apa saja manfaat pare? Scroll ya!

1.    Obat Masalah Kulit

Foto: Pare (Grid.ID)

Pare dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif untuk berbagai masalah kulit termasuk kurap dan kudis, yang disebabkan jamur maupun bakteri dengan membantu melawan infeksi kulit. Cara menggunakannya, kamu hanya perlu mengekstrak daun pare kemudian oleskan pada area kulit yang mengalami gangguan.

2.    Mengendalikan Gula Darah

Pare punya kandungan magnesium yang berfungsi memaksimalkan kerja hormon insulin yang bertugas mengatur kadar gula darah. Pare bisa jadi pilihan makanan untuk menurunkan gula darah. Selain itu, pare juga mampu mencegah penumpukkan glukosa dalam darah dan memindahkannya ke hati, otot, dan jaringan lemak. Tapi pare tidak bisa secara langsung mengurangi diabetes. Kamu juga perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan manfaat pare yang lebih baik.

3.    Menurunkan Risiko Penyakit Jantung



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"