Ada Rendang Juga di Malaysia, Apa Bedanya Sama Bikinan Indonesia?

Ada Rendang Juga di Malaysia, Apa Bedanya Sama Bikinan Indonesia?

Kayaknya semua orang Indonesia tau deh masakan bernama rendang. Masakan ini terkenal banget sejak dulu. Bahkan kini nama rendang udah mendunia, dikenal sebagai makanan terenak di dunia.

Masakan ini berasal dari Ranah Minang gengs. Kita juga bisa menemukannya di restoran atau rumah makan Minang di mana aja di Indonesia. Di acara yang ada makan-makannya adan, bikin sendiri juga boleh.

Sebagai menu lauk, rendang sangat populer di Indonesia. Masakan Minang ini umumnya dibuat dari potongan daging sapi yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah lainnya. 

Begitu jadi, rata-rata orang pasti suka banget sama rendang. Kamu termasuk salah satunya gak gengs?

Rendang gengs, makanan terenak di dunia nih~ (pikiran-rakyat.com)

Tapi, tau gak kalo rendang ternyata ada juga di Malaysia. Eits, ini bukan soal rebutan warisan budaya atau apa ya. Soalnya kita punya budaya yang hampir mirip dengan negara tetangga kita itu.

Konon, orang Minang jaman dulu biasanya pergi merantau ke negara-negara tetangga. Dan biasanya, mereka membawa makanan berupa rendang karena enak dan tahan lama. Dari situlah awal mula persebaran rendng ke negara tetangga seperti Malaysia.

Setelah mengetahui bahwa di Malaysia juga ada rendang, banyak yang menganggap bahwa rendang dari kedua negara ini gak ada bedanya. Padahal ... ya ada juga perbedaannya.

Terus, apa sih bedanya rendang Malaysia sama rendang Indonesia?

Ini rendang Malaysia, warnanya lebih terang (phinemo.com)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"