5 Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia, Ternyata Nomor 1 Bukan Arab Saudi

5 Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia, Ternyata Nomor 1 Bukan Arab Saudi

Kurma  adalah buah yang tidak memiliki musim untuk panen. Artinya kurma mudah didapatkan. Negara-negara penghasil kurma terbesar di dunia pun bisa mengekspor kurma-kurma dari negaranya ke negara lain. Saat bulan Ramadan seperti sekarang, kurma cocok dimakan untuk berbuka puasa. Lalu negara mana saja yang memproduksi kurma dalam jumlah yang banyak?

1. Mesir

Kurma asal Mesir merupakan jenis kurma Hayang dan Zaghoul. Mesir memproduksi sekitar 1,5 juta ton kurma. Di seluruh Mesir terdapat lebih dari 15 juta pohon kurma yang setiap saat bisa panen kurma. Kurma dari Mesir banyak yang diekspor ke negara-negara seperti Maroko, Indonesia, dan Malaysia.

2. Arab Saudi

Negara Penghasil Kurma (Republika)

Di urutan ke-2 ada Arab Saudi. Arab Saudi memproduksi kurma jenis Aiwah, Al Khunaizi, Khalasar, Medjool, dan Rotab. Dalam setahun Arab Saudi bisa memproduksi 1,3 juta ton kurma. Buah kurma yang ditanam di Arab Saudi didukung karena wilayahnya cocok menanam kurma.

Ratusan hektar tanah di Arab Saudi memang khusus untuk menanam kurma. Arab berhasil mengekspor sekitar 8,8 persen Kurma ke banyak negara di belahan dunia. Negara-negara yang mendapatkan kurma dari Arab Saudi antara lain Jordan, Yaman, dan Kuwait.

3. Iran

Di Iran ada jenis kurma yang terkenal bernama Mazafati. Di Iran kurma diproduksi sekitar 1,2 juta ton. Makin tahun angka itu semakin naik. Kurma-kurma dari Iran kemudian diekspor ke negara-negara seperti India, Malaysia, dan Rusia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"