5 Kesalahan Paling Sering Dilakukan Saat Makan Buah, Hentikan Sekarang Jangan Diulangi Lagi Ya!

5 Kesalahan Paling Sering Dilakukan Saat Makan Buah, Hentikan Sekarang Jangan Diulangi Lagi Ya!

Buah  merupakan salah satu makanan yang disukai semua kalangan. Selain rasanya yang enak, buah-buahan juga punya manfaat yang luar biasa. Selain itu, buah juga diketahui kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral serta serat yang bermanfaat untuk tubuh.

Selain itu, buah bisa dinikmati dengan berbagai cara, mulai dari dibuat menjadi jus, dicamput menjadi smoothies sampai memakannya dengan bumbu garam ataupun sambal. Tapi tidak banya disadari, ternyata ada beberapa kesalahan makan buah yang harus diperhatikan.

Hal ini agar nutrisi-nutrisi tersebut bisa terserap dengan optimal. Sehingga, cara mengonsumsinya yang salah harus segera dihentikan dan tidak diulangi lagi. Lantas apa saja kesalahan saat makan buah itu? Berikut lima diantaranya.

1.    Konsumsi Buah Setelah Makan

Beberapa dari kamu mungkin masih mengonsumsi buah sebagai pencuci mulut. Memang, sebagian orang akan konsumsi buah setelah makan. Tapi ternyata, hal ini justru bisa menghambat pencernaan. Pasalnya, buah memiliki kandungan gula, karbohidrat, dan protein yang bisa memperlambat proses pencernaan.

Makan buah sehabis makan berat akan memberi lebih banyak tekanan pada sistem pencernaan dan akhirnya membuat perut bermasalah. Jadi, konsumsi buah setelah makan bukanlah hal yang baik. Setidaknya beri jeda sekitar 30 menit hingga satu jam setelah makan. Namun cara terbaik konsumsi buah adalah saat perut kosong di pagi hari.

2.    Makan Buah Dengan Garam

Foto: Ilustrasi Makan Buah Pakai Garam (Rasamasa)

Di tukang buah, mungkin kamu sering melihat garam diberikan untuk cocolan buah. Beberapa orang merasa taburan garam atau bumbu akan membuat rasa buah semakin nikmat. Padahal sebenarnya, cara makan buah seperti ini bukan hal yang baik.

Saat garam ditaburkan di atas buah, maka buah tersebut akan melepaskan airnya yang berarti buah itu kehilangan nutrisinya. Sodium dalam taburan garam itu juga bisa membahayakan tubuh karena mampu menyebabkan retensi air dalam tubuh. Cara makan buah yang baik adalah memakannya secara utuh tampa taburan bumbu apapun.

3.    Dibuat Jus

Serat merupakan kandungan penting dalam buah untuk memperlambat pelepasan glukosa dalam aliran darah. Akan tetapi, saat buah dibuat jus maka seratnya bisa berkurang sehingga manfaat buah ikut berkurang. Jadi disarankan untuk makan buah dalam keadaan utuh. Selain itu, sebaiknya berhati-hati dengan kandungan gula yang tinggi di dalam buah kering ataupun jus kemasan.

4.    Tidak Makan Kulit Buah



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"