5 Jenis Makanan yang Bisa Merusak Ginjal di Usia Muda, Waspada dan Mulai Batasi Sekarang!

5 Jenis Makanan yang Bisa Merusak Ginjal di Usia Muda, Waspada dan Mulai Batasi Sekarang!

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting di dalam tubuh. Sebab, ginjal memiliki fungsi utama untuk menyaring senyawa racun dari darah. Artinya, racun-racun ini bisa tersebar ke seluruh tubuh hingga mengancam nyawa apabila organ tersebut tidak bekerja dengan baik.

Selain itu, ginjal juga bertugas untuk membuang limbah melalui urin, memproduksi hormon sampai menjaga keseimbangan cairan tubuh. Jadi kalau ginjal mengalami penurunan fungsi, maka risiko penyakit untuk masuk ke dalam tubuh semakin besar.

Di mana, ginjal bisa mengalami penurunan fungsi ketika kamu mengonsumsi makanan tertentu. Salah satu cara untuk menghindari hal itu dengan mengurangi atau menghindari makanan dan minuman yang bisa merusaknya. Lantas apa saja makanan yang bisa merusak ginjal? Simak daftarnya berikut!

1. Makanan Tinggi Garam

Ilustrasi Makanan Tinggi Garam (Tribunnews)

Makanan yang mengandung garam terlalu tinggi bisa merusak keseimbangan sodium dan kalium di dalam tubuh. Hal ini yang akan menyebabkan kedua zat itu tidak bergungsi dengan baik untuk ginjal dalam mengumpulkan cairan dari dinding pembuluh darah. 

Bila kadar sodium melebihi batas wajar, maka ginjal tidak bisa lagi menarik cairan dari dalam pembuluh darah hingga memicu terjadinya penyakit ginjal dan tekanan darah tinggi. Adapun contoh makanan yang punya kadar garam tinggi seperti pizza, camilan ringan hingga acar.

2. Makanan Manis

Selain makanan tinggi garam, makanan manis juga bisa merusak ginjal di usia muda jika dikonsumsi berlebihan. Hal ini karena kandungan gula yang berlebihan bisa merusak dinding pembuluh darah dari ginjal dan nefron yang fungsi utamanya menyaring darah dan menghasilkan urine.

Akibatnya, fungsi ginjal akan menurun dan rentan terkena penyakit. Selain merusak ginjal, makanan manis juga bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi. Beberapa contoh makanan yang mengandung gula yakni roti, kue kering hingga sambal dalam kemasan.

3. Makanan Kalengan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"