5 Cara Menyimpan Buah Mangga Agar Tahan Lama dan Tak Mudah Busuk, Mudah Banget Loh!

5 Cara Menyimpan Buah Mangga Agar Tahan Lama dan Tak Mudah Busuk, Mudah Banget Loh!

Buah mangga merupakan salah satu buah favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Tapi, mangga termasuk buah musiman yang tak bisa ditemukan di setiap waktu. Jadi, setiap musim buah mangga, orang kerap membelinya dalam jumlah banyak. 

Hal ini juga bertujuan agar buah tersebut bisa disimpan dan dinikmati untuk waktu yang lama. Namun terkadang, mangga bisa dengan mudah busuk. Rupanya, ini terjadi karena cara menyimpan buah mangga yang salah. 

Buah mangga bisa tahan lama asal disimpan dengan cara yang tepat. Lalu, bagaimanakah cara menyimpan buah mangga yang benar? Simak ulasannya yang sudah dirangkum di bawah ini!

1. Beli Mangga Yang Belum Terlalu Matang

Ilustrasi Buah Mangga (Grid.ID)

Disarankan untuk memilih mangga yang sudah tua, tapi jangan terlalu matang atau belum terlalu empuk. Hal ini agar kamu bisa menyimpannya lebih lama. Sebab jika sudah sangat matang, maka tingkat ketahanannya akan menjadi sangat rendah.

Jadi, buah mangga yang matang harus langsung dimakan dan tidak perlu disimpan lagi karena bisa dengan mudah membusuk. Sebaliknya, bila masih mentah dan keras, maka akan cepat busuk atau layu serta rasanya masam dan tidak terlalu manis.

2. Kupas Dan Potong Terlebih Dahulu

Sebaiknya kupas dan potong buah mangga terlebih dahulu sebelum disimpan. Setelahnya, simpan potongan mangga di wadah stoples kedap udara. Cara ini akan membuat buah mangga menjadi tahan lebih lama hingga satu minggu di dalam kulkas. 

3. Simpan Di Kulkas



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"