3 Resep Menu Lebaran Tanpa Santan, Lebih Sehat karena Rendah Kolesterol Tapi Tetap Lezat

3 Resep Menu Lebaran Tanpa Santan, Lebih Sehat karena Rendah Kolesterol Tapi Tetap Lezat

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran hanya tinggal menghitung hari. Momen ini biasanya dimanfaatkan umat Muslim untuk bersilahturahmi dan berkumpul dengan keluarga sambil saling bermaaf-maafan.

Biasanya, momen ini ditemani dengan berbagai menu lebaran yang lezat. Di Indonesia sendiri, masakan lebaran identik dengan penggunaan santan, mulai dari opor ayam, gulai sampai rendang.

Padahal konsumsi makanan yang mengandung santan secara berlebihan bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. Salah satunya dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah.

Maka dari itu, sebagai alternatif disarankan untuk mengganti jadi menu yang lebih sehat. Salah satunya dengan menghindari makanan yang menggunakan santan. 

Meski begitu, ada beberapa masakan Lebaran yang bisa tetap nikmat meskipun dibuat tanpa memakai tambahan santan. Seperti makanan-makanan berikut ini.

Sudah dirangkum tiga resep masakan Lebaran tanpa santan yang bisa dicoba untuk sajian para tamu yang datang. Yuk simak resep lengkapnya di bawah ini!

1. Resep Opor Ayam Fiber Crème

Opor Ayam Fiber Crème (FiberCreme)

Bahan-Bahan: 

- 500 gram Ayam Paha Atas

- 1 buah Jeruk Nipis 

- 8 buah Tahu Segitiga 

- 1 batang Serai, geprek 

- 1 iris lengkuas, geprek 

- Secukupnya Fiber Creme 

- Secukupnya Air

- Secukupnya Gula

- Secukupnya Garam 

- Secukupnya Penyedap Rasa 

- Secukupnya Minyak Goreng, untuk menumis

Bahan Bumbu Halus: 

- 1 ruas Kunyit

- 1 jempol Jahe 

- 5 siung Bawang Putih 

- 2 siung Bawang Berah 

- Secukupnya Ketumbar Bubuk 

- 3 butir Kemiri, yang sudah disangrai

Bahan Pelengkap:

- Secukupnya Bawang goreng

Cara Membuat Opor Ayam Fiber Creme: 

1. Langkah pertama, blender atau ulek semua bahan bumbu halus. Setelahnya, tumis bumbu halus dengan sedikit sampai harum dan matang. Kemudian, masukan ayam ke dalam bumbu yang sudah ditumis. 

2. Tambahkan air dan beri gula, garam serta penyedap rasa secukupnya. Masukan serai dan lengkuas. Aduk merata dan masak sampai ayam empuk. Setelahnya, masukan tahu dan biarkan sampai matang. 

3. Tambahkan fiber creme sebagai pengganti santan, lalu aduk kembali sampai semua bahan tercampur merata. Kemudian koreksi rasa. Jika sudah, opor ayam tanpa santan pun siap untuk disajikan.

2. Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"