TERPECAHKAN! Alasan Anak Kecil Sering Melihat Hantu

TERPECAHKAN! Alasan Anak Kecil Sering Melihat Hantu

Tentu orangtua yang memiliki anak kecil pernah mendapatkan cerita dari si buah hati jika melihat penampakan hantu. Fenomena anak kecil melihat hantu memang kerap terjadi. Orangtua justru menduga anaknya memiliki indera keenam dan disebut anak yang istimewa. Tapi kenapa anak kecil sering melihat hantu?

Seorang psikiater anak, Aleta G.Angelosante PhD dilansir dari Liputan6 mengatakan bahwa pengakuan anak kepada orangtuanya bahwa baru saja melihat hantu merupakan hal yang biasa dan normal. Angelosante menyebut hal itu terjadi karena ketrampilan persepsi manusia berkembang.

Persepsi muncul saat masa kanak-kanak sehingga anak kecil melihat sesuatu dari sudut mata mereka. Ada kemungkinan anak-anak yang mengaku melihat hantu salah mengartikan sesuatu yang bergerak atau aneh dan menyebutnya itu hantu. Imajinasi anak-anak sangat berperan dalam hal ini.

TERPECAHKAN! Alasan Anak Kecil Sering Melihat Hantu (Diadona.id)

Contohnya saat anak kecil sedang berada di dalam kamar. Lalu melihat bayangan pakaian yang digantung di dalam lemari. Mungkin si anak kecil bisa saja menganggap sesuatu yang digantung itu adalah hantu yang bersembunyi di dalam lemari.

Berbeda dengan anak kecil, orang dewasa akan mengabaikan sesuatu yang mereka lihat dengan cepat dari sudut mata sebagai sesuatu yang tidak nyata dan tidak memiliki penjelasan berbasis kenyataan. “Anak-anak mungkin bersikeras mereka melihat hantu, peri atau makhluk tak kasat mata lainnya, kata Angelosante.

Orangtua jangan panik. Jika saat mendengar anaknya melihat hantu malah ikut-ikutan panik, maka kepanikan itu bisa membuat anaknya tambah khawatir. Jadi usahakan untuk menenangkan buah hati. Orangtua kemudian memberikan kesempatan si anak untuk menceritakan dengan detail bila memang melihat hantu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"