Rumah Angker Jogja, Berikut 6 Fakta Menyeramkan Rumah Pocong Sumi

Rumah Angker Jogja, Berikut 6 Fakta Menyeramkan Rumah Pocong Sumi

Yogyakarta atau Jogja terdapat beberapa tempat angker. Salah satu tempat angker di Jogja adalah rumah pocong sumi. Rumah angker Jogja itu berada di kawasan Kota Gede. Banyak orang yang melewati rumah itu sering melihat penampakan hantu pocong di teras rumah. Pocong itu dikenal warga sekitar dengan sebutan Mbah Sumi.

Rumah itu memiliki tanah dan bangunan sangat luas. Terdapat banyak kamar namun sudah 43 tahun tidak dihuni. Diduga tidak ada yang betah tinggal lama-lama di rumah yang mulai ditinggali pada 1910. Dalam proses pembangunan rumah tentu dipengaruhi oleh desain dari Belanda yang begitu kental. 

Kabarnya pemilik rumah pocong Sumi yang pertama adalah seorang pria kaya raya yang menjadi juragan berlian. Silih berganti orang tinggal di rumah tersebut. Tentu setelah rumah itu kosong, hanya makhluk gaib yang mendiami di dalamnya. Selain pocong, ada banyak makhluk halus yang ada di dalam rumah. 

Sosok-sosok gaib itu antara lain kuntilanak yang berjaga di pintu gerbang rumah, kuntilanak merah di belakang rumah, genderuwo, wewe gombel, siluman monyet, banaspati, para peri, tuyul, hingga hantu noni Belanda.Berikut 6 fakta menyeramkan tentang rumah pocong Sumi yang bikin bulu kuduk merinding.

Rumah Angker Jogja (iNews)

Pesan dari Pocong

Rumah angker Jogja ini disebut rumah pocong Sumi karena ada hantu pocong di rumah tersebut. Total ada lebih dari satu pocong yang tinggal di rumah itu. Ternyata kemunculan pocong di rumah itu bukan tanpa alasan. Pocong-pocong itu juga tidak mau menakut-nakuti orang yang lewat, melainkan ada pesan yang hendak disampaikan.

Pocong yang muncul di rumah ingin memberikan pesan agar manusia mengingat dengan kematian. Pocong adalah simbol kematian. Di dekat rumah itu juga ada penampakan keranda terbang yang sering muncul di malam-malam tertentu. Keranda terbang itu juga memiliki makna agar manusia ingat dengan kematian.

Sosok Sumi

Menurut cerita yang beredar, pocong Sumi diambil dari wanita bernama Sumi yang pernah tinggal di rumah itu bersama suaminya. Sumi tinggal bersama suaminya yang merupakan orang kaya. Suatu hari ketika Sumi sedang di rumah sendirian, ia didatangi perampok yang ingin mencuri barang mewah di dalam rumah.

Kabarnya Sumi sempat diperkosa oleh perampok itu hingga mencekik dan membuat Sumi meninggal dunia atau jadi korban pembunuhan. Sumi dan suaminya tidak tinggal lama di rumah itu hanya beberapa bulan saja. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"