Perias Jenazah Cerita Pengalaman Dandani Waria yang Meninggal, Ini yang Terjadi

Perias Jenazah Cerita Pengalaman Dandani Waria yang Meninggal, Ini yang Terjadi

Perias jenazah  bernama Gloria Elsa menceritakan suka duka menjalani profesi selama 20 tahun. Termasuk saat mendandani jenazah seorang waria  yang meninggal dunia. Jika seorang waria meninggal dunia, kira-kira ia dandan sebagai laki-laki atau perempuan? 

Dilansir dari channel YouTube Ivan Gunawan, Gloria mengatakan sebelum mendandani jenazah waria, biasanya ia bertanya kepada pihak keluarga, apakah jenazah tersebut akan didandani sebagai laki-laki atau wanita. “Biasanya tergantung wasiatnya, kalau mau jadi wanita ya saya dandani jadi wanita, begitu juga kalau jadi pria,” ujar Gloria.

Namun jika jenazah waria semasa hidupnya tidak memiliki permintaan khusus, biasanya Gloria akan bertanya kepada keluarga. “Jadi tergantung keluarga yang akan memutuskan nantinya,” bilang wanita berusia 38 tahun ini.

Perias Jenazah Ini Pernah Merias Waria (YouTube Ivan Gunawan)

Tugas Gloria sebagai perias jenazah tak serta merta membuat jenazah bertambah cantik atau tampan saat meninggal, namun dia harus bisa membaca wajah jenazah yang dia rias, apakah sudah pergi dengan tenang atau masih ada ganjalan dalam hidupnya.

“Memang untuk membaca mikro mikik ini ada sekolahnya atau arwah jenazah memberikan pesan kepada kita apakah sudah siap meninggal atau belum. Jika siap meninggal, jenazah akan tersenyum, jika belum siap maka jenazah akan menunjukan wajah sedih,” papar Gloria.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"