Beda Penanganan, Ini Jenis Ruang di Rumah Sakit Beserta Fungsinya

Beda Penanganan, Ini Jenis Ruang di Rumah Sakit Beserta Fungsinya

Rumah sakit adalah fasilitas penting dalam pelayanan kesehatan yang memiliki berbagai ruangan dengan fungsi khusus. Setiap ruangan memiliki peran masing-masing dalam memberikan perawatan dan pengobatan kepada pasien. Artikel ini akan mengulas berbagai macam ruangan di rumah sakit berdasarkan sumber yang terpercaya.

1. Ruang Rawat Inap

Jenis Ruang di Rumah Sakit (via Trustmedis)

Ruang rawat inap disediakan sebagai tempat pasien tinggal selama menjalani perawatan dalam waktu yang lebih lama. Pengguna kamar ini adalah mereka yang memerlukan penanganan intensif dan observasi karena kondisi yang dijalani. Ruang rawat inap sendiri dapat memiliki beberapa tipe, seperti:

·         Single Room (Kamar Pribadi): Ruangan pribadi yang juga sering disebut VIP ini disediakan untuk satu pasien dengan fasilitas kamar mandi sendiri.

·         Double Room (Kamar Dua Pasien): Ruangan untuk dua pasien dengan pemisahan tempat tidur dan perlengkapan.

·         Ward (Ruang Umum): Ruangan yang dapat menampung beberapa pasien dengan pemisahan tempat tidur melalui tirai atau partisi.

Tipe-tipe ruang rawat inap ini juga umumnya berkaitan dengan kelas pelayanan yang dipilih pasien. Walaupun umumnya tindakan yang diberikan sesuai standard, namun pasien di kelas single tentunya mendapat fasilitas kamar yang lebih baik dan prioritas.

2. Ruang Gawat Darurat



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"