Menguak Pesugihan Dewi Lanjar, Ratu Penguasa Laut Utara yang Minta Tumbal Anak Kandung

Menguak Pesugihan Dewi Lanjar, Ratu Penguasa Laut Utara yang Minta Tumbal Anak Kandung

Berdasarkan mitos yang beredar di masyarakat Jawa, jika laut selatan dikuasai oleh Kanjeng Ratu Kidul, laut utara  Jawa memiliki penguasa yang bernama Dewi Lanjar . Dewi Lanjar semasa hidupnya merupakan sosok wanita cantik yang kehilangan suaminya di usia yang masih muda.

Usai suaminya meninggal, Panembahan Senopati menasehati Dewi Lanjar untuk bertapa di Pantai Selatan. Saat melakukan pertapaan, Dewi Lanjar bertemu dengan Gusti Kanjeng Ratu Kidul dan meminta menjadi anak buahnya ibu ratu. Kemudian ia diperintahkan untuk menjadi penguasa laut utara atau pantai utara Jawa. 

Dilansir dari Mapay Bandung, beberapa orang masih ada yang menjalani ritual pesugihan Dewi Lanjar untuk mendapatkan banyak kekayaan. Ritual pesugihan ini terdapat di sebuah padepokan di kawasan pantai utara Jawa.

Konon menurut masyarakat sekitaran pantai utara, sosok Dewi Lanjar kerap menampakan diri di Pantai Slamaran, Pekalongan, Jawa Tengah. Kemunculannya mirip dengan Kanjeng Ratu Kidul yang didampingi beberapa pengawalnya.  

Dewi Lanjar Penguasa Laut Utara Jawa (ANTVKLIK)

Ritual yang biasanya dijalankan pengikut Dewi Lanjar antara lain berpuasa pada malam Jumat Kliwon. Dalam proses berpuasa sebaiknya saat sahur dan buka puasa harus mengkonsumi minuman dan makanan berwarna hitam, semisal kopi hitam atau ketan hitam. 

Warna hitam memang identik dengan para pengikut Dewi Lanjar. Seseorang yang mengikuti ritual di padepokan menggunakan pakaian serba hitam dan membawa persembahan yang berwarna hitam, termasuk sesaji bunga hitam.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"