Begini penjelasan malam Satu Suro menurut pandangan agama dan kejawen, katanya sih sakral banget.

Kalau denger yang namanya malam Satu Suro secara otomatis bulu kuduk kita langsung merinding karenanya.

Habisnya malam ini emang spesial banget kesakralannya gengs. Banyak banget mitos-mitos yang menyelimutinya. Karena itulah ketika malam ini tiba, banyak orang yang tak mau berbuat aneh-aneh sebab tak ingin kejatuhan sial.

Bicara tentang malam Satu Suro gimana ya menurut pandangan agama dan Kejawen. Kenapa malam ini dianggap spesial? Simak yuk ulasannya di bawah ini.

Malam Satu Suro (panjimas.com)

Mitos Keseraman dan Kesialan Malam Satu Suro

Kita semua sepakat kalau malam Satu Suro terkenal akan mitos keseramannya dan bikin sialnya. Apalagi dari sudut pandang suku Jawa sendiri.

Banyak mitos dari malam ini ternyata terhubung dengan kepercayaan orang Jawa kuno lho gengs. Kok bisa?

Katanya ... malam tersebut akan mendatangkan kesialan bagi siapa saja yang mengadakan pesta atau perayaan saat itu.

Selain itu, katanya arwah-arwah leluhur akan kembali ke rumah dan mengunjungi keluarga mereka dan disebut sebagai hari rayanya makhluk halus gengs.

Film yang Terinspirasi dari Malam Satu Suro

Saking kentalnya akan sisi mistisnya, malam Satu Suro sampai dibuatkan film karena mengingat kisah-kisahnya yang menyeramkan.

Film dengan judul "malam Satu Suro" ini sempat viral dan jadi top film horor yang menyeramkan di zamannya. 

Film yang dibintangi oleh Suzzanna ini bahkan sampai saat ini masih terasa banget seremnya kalau diputar kembali.

Banyak Ritual pada Malam Satu Suro

Banyak Ritual pada Malam Satu Suro Ritual mubeng beteng (blogkulo.com)

Kalau ngomongin malam satu Suro, ya sudah pasti akan ada banyak ritual dan menghiasi sepanjang malam ini tentunya.

Kalau di Keraton Surakarta ada ritual mengarak kerbau bule mengelilingi wilayah sekitar. Kalau di Jogja sendiri ada ritual mengelilingi benteng.

Kebanyakan ritual tersebut dilakukan sebagai wujud penghormatan untuk malam tersebut. Dan sebagai perwujudan permohonan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Bulan Muharam

Bulan Muharam (malik.or.id)

Seperti yang kita ketahui, jatuhnya malam Satu Suro juga berketepatan dengan awal bulan Muharam bagi kaum muslim.

Kalau dilihat dari sudut pandang umat Islam, malam ini justru jadi malam yang berkah bagi seluruh umat Islam.

Ya jelas dong, soalnya, pada waktu ini, Allah memberikan keberkahan. Untuk menghormatinya, bagi kaum Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah.

Nah jadi itulah tadi penjelasan malam Satu Suro yang bikin heboh banyak orang gengs. Jadi gimana menurut kalian?

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations