Beginilah alasan kenapa malam Jumat Kliwon dikeramatkan banyak orang. Katanya sih begini ....

Sama sakralnya dengan malam Minggu, cuman kalau malam Jumat Kliwon sakralnya nyeremin gengs, Khususnya bagi masyarakat Jawa.

Gak heran kalau masyarakat kerap menyangkut pautkan malam tersebut sebagai waktu di mana makhluk tak kasat mata bermunculan. Hiiii...

Bahkan bagi sebagian orang tua ada yang melarang keras anak-anak mereka untuk keluar rumah pada malam Jumat Kliwon lho gengs. 

Kemungkinan karena mereka takut akan ada hal buruk yang bisa menimpa. Gak tau sejak kapan rumor itu beredar, tapi banyak yang meyakininya lho.

Malam Jumat Kliwon (123rf.com)

Merupakan Malam yang Mempunyai Kekuatan Magis

Bagi sebagian masyarakat Jawa, malam Jumat Kliwon adalah hari yang penuh dengan energi mistis. Gak heran kenapa suka banyak ritual magis di malam itu.

Biasanya sih banyak aktivitas tak lazim yang terjadi pada saat malam itu, seperti, memandikan keris, dan beberapa pusaka lainnya yang memiliki kekuatan gaib serta sebagai sarana orang mencari pesugihan.

Hantu-Hantu Berkeliaran

Katanya, malam Jumat Kliwon itu sebagai waktu terbaik dimana dedemit bisa berkeliaran dengan bebas di dunia manusia.

Tak heran kenapa sering ada cerita-cerita mistis di malam Jumat Kliwon. Gak heran kenapa pada malam itu juga sering ada ritual-ritual untuk meminimalisir gangguan-gangguan dari makhluk astral yang bergentayangan.

Leluhur berkunjung ke rumah (hollywoodreporter.com)

Waktunya Arwah Leluhur Berkunjung ke Rumah

Banyak orangtua zaman dulu yang percaya kalau pada malam Jumat Kliwon para leluhur kita yang sudah meninggal akan berkunjung ke rumah.

Hal itu membuat masyarakat Jawa membuat ritual "sambutan". Biasanya sih, mereka memasang sandingan, atau semacam sesaji berupa makanan favorit almarhum selama hidupnya.

Meninggal pada malam Jumat Kliwon (photosgratuite.eu)

Meninggal pada Malam Jumat Kliwon Dianggap Baik

Bagi sebagian masyarakat Jawa percaya kalau meninggal di saat-saat malam Jumat Kliwon adalah saat yang baik untuk meninggal.

Sebenarnya gak cuma di pandangan masyarakat Jawa saja, bagi kaum Muslim, meninggal pada hari Kamis malam atau Jumat merupakan tanda bahwa orang tersebut merupakan orang yang baik gengs.

Banyak yang meyakini kalau mati pada waktu-waktu itu mereka akan meninggal dengan Khusnul Khatimah.

Nah jadi itu tadi penjelasan kenapa malam Jumat Kliwon itu dianggap oleh sebagian orang adalah malam yang sakral.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations