Makam-makam Keramat di Puncak Gunung, Pendaki Berani Naik?

Makam-makam Keramat di Puncak Gunung, Pendaki Berani Naik?

Makam biasanya ada di pemakaman umum. Namun tidak sedikit jenazah seseorang yang dimakamkan di puncak gunung. Makam di gunung pun dianggap menjadi makam yang keramat karena tidak sembarangan seseorang boleh dimakamkan di puncak gunung. Lalu makam-makam mana saja yang ada di puncak gunung?

Makam KH.Raden Raja Kusuma

Makam keramat pertama yang ada di puncak gunung adalah makam dari KH.Raden Raja Kusuma. Makam ini berada di puncak Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, tepatnya di salah satu puncak yang bernama Puncak Manik di ketinggian 2.211 mdpl. 

Kabarnya KH.Raden Raja Kusuma semasa hidup menjadi orang yang sangat disegani di wilayah Gunung Salak, bahkan ia pun disebut Mbah Salak. Makam ini sampai sekarang ramai dikunjungi peziarah yang punya tujuan, seperti mendapatkan keberkahan, wangsit, dan sekedar berziarah saja. 

Makam Keramat di Gunung (Solopos.com)

Makam Nyai Ageng Suko

Makam Nyai Ageng Suko atau disebut Mbah Ceguk berada di puncak Gunung Ungaran, Jawa Tengah. Pada tahun 2021 silam, makam ini pernah viral karena beberapa orang yang berziarah di makam tersebut mendadak tersesat dan ilang. Belum diketahui penyebab beberapa peziarah itu hilang, apakah karena kesalahan sendiri atau memang ada sesuatu yang menganggu mereka.

Makam Sunan Muria

Dari namanya saja, Sunan Muria sudah pasti dimakamkan di Gunung Muria, Jawa Tengah. Sunan Muria adalah salah satu dari Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di kawasan pesisir utara Jawa, termasuk Sunan Muria yang memiliki nama asli Raden Prawoto. 

Makam di gunung berada di perbatasan Jepara, Pati, dan Kudus. Makan Sunan Muria ramai didatangi peziarah di momen-momen tertentu. Untuk menuju makam ini dibutuhkan perjuangan ekstra karena harus ditempuh menggunakan anak tangga yang cukup banyak.Bila ingin mempersingkat waktu bisa menyewa ojek motor.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"