Kisah Mistis Jembatan Cirahong: Punya Masa Lalu Kelam Penumbalan Sepasang Pengantin

Kisah Mistis Jembatan Cirahong: Punya Masa Lalu Kelam Penumbalan Sepasang Pengantin

Jembatan Cirahong merupakan jembatan kereta api yang berada di perbatasan Tasikmalaya dan Ciamis Jawa Barat. Selain digunakan sebagai lalu-lintas kereta api, jembatan yang dibangun pada zaman kolonial Belanda ini memiliki bagian lain sebagai tempat kendaraan sepeda motor atau pejalan kaki melintas. Kisah mistis Jembatan Cirahong jadi viral.

Melansir dari kanal YouTube Kisah Tanah Jawa, Jembatan Cirahong dibangun pada tahun 1892-1893. Jembatan kereta ini untuk menghubungkan jalur kereta api dari Garut menuju Ciamis hingga Cilacap di Jawa Tengah. Jika diperhatikan jembatan ini sangat indah namun punya kisah yang seram.

Salah satunya tentang cerita kelam pembangunan jembatan yang membutuhkan tumbal nyawa. Sebab di bawah Jembatan Cirahong mengalir Sungai Citanduy dengan panjanng 178 kilometer.Di dalam Sungai Citanduy terdapat kerajaan gaib yang dipimpin sepasang siluman ular besar. Siluman itu dari dulu sampai sekarang meminta tumbal untuk dijadikan “anak”.

Kisah Mistis Jembatan Cirahong (Kemdikbud)

Ternyata benar kisah mistis Jembatan Cirahong dengan panjang 202 meter bermula dari proses pembangunan. Pihak Belanda memutuskan untuk  memberikan tumbal sepasang pengantin. Memang siluman ular yang meminta tumbal itu memiliki syarta khusus, pengantin harus yang masih perjaka dan perawan. 

Beberapa jam setelah menikah, pasangan suami istri itu langsung dibawa ke pembangunan Jembatan Cirahong. Sempat dijebak agar percaya, pengantin baru itu kemudian diikat dan tubuh mereka ditanam di sebuah lubang di salah satu bagian jembatan sampai sekarang. Sampai sekarang kabarnya arwah pengantin itu masih berada di jembatan.

Kabarnya sampai sekarang juga penunggu Jembatan Cirahong meminta agar terus diberikan tumbal. Jembatan Cirahong ini juga menjadi salah satu tempat untuk melakukan aksi bunuh diri. Ada orang yang menabrakkan kereta api yang sedang lewat atau memutuskan untuk melompat ke sungai dari jembatan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"