Inilah Deretan Hantu Asli Jawa yang Bikin Merinding

Inilah Deretan Hantu Asli Jawa yang Bikin Merinding

Kisah tentang hantu memang selalu menarik sekaligus menakutkan. Bahkan saking banyaknya jenis hantu, kadang sampai lupa asal hantu itu dari mana. Nah, kali ini kita akan kenalan sama hantu yang ada di Jawa. Sudah siap? Langsung aja simak ulasannya di bawah ini.

Sejak kecil kamu pasti sudah tak asing dengan cerita-cerita hantu yang beredar. Baik dari teman-temanmu atau dari film yang kamu tonton. Sampai saat ini, cerita tentang hantu memang tak ada habisnya, tak terkecuali di wilayah Jawa. 

Masing-masing negara bahkan daerah memiliki hantunya masing-masing. Indonesia yang luas dan kaya akan budayanya ini, juga memiliki beragam hantu. Bahkan hantu yang ada di satu pulau dengan pulau lainnya bisa berbeda.

Nah, kalo di Jawa sendiri, ada beberapa hantu yang konon memang asli dari Jawa loh. Hantu-hantu yang berasal dari Jawa memiliki wujud yang sangat menyeramkan. Tapi tak menutup kemungkinan, hantu yang katanya dari Jawa, bisa juga ada di daerah-daerah lain. Ini dia hantu yang berasal dari Jawa:

1. Genderuwa

Hantu pertama yang berasal dari Jawa adalah Genderuwa. Hantu ini dipercaya menempati pohon-pohon besar dan gedung tua yang telah dimakan usia. Jadi, kalo kamu melewati pohon besar dan gedung tua, kamu mesti hati-hati gengs, kali aja ada Genderuwa lagi nongkrong hehehe...

Lanjut, Konon munculnya Genderuwa ditandai dengan munculnya bau yang khas dan dapat menusuk hidung. Genderuwa memiliki badan yang besar dan tinggi, ia juga memiliki bulu coklat dan jari-jari yang besar. Jenis hantu asal jawa ini dikenal cukup iseng, ia sering melempar sesuatu dan menampakkan dirinya di depan orang yang lewat kediamannya.

2. Gerandhong

Hantu asli Jawa berikutnya adalah Gerandhong. Jenis hantu ini biasanya sering muncul di film-film Jawa. Konon, Gerandhong merupakan hantu yang sangat ganas dan bisa membinasakan orang-orang yang ingin ia binasakan.

Bentuk hantu Gerandhong sangat menyeramkan. Ia memiliki wajah merah, taringnya panjang, kulit abu-abu bersisik dan rambut panjang.

Gerandong bukan tipe hantu yang mageran, ia bisa saja berpindah-pindah tempat dan membuat warga desa ketakutan. Sosoknya yang ganas ini, sampai sekarang masih mejadi momok yang menakutkan.

3. Sundel Bolong

3. Sundel Bolong Sundel Bolong (brilio.net)

Sosok hantu Sundel Bolong pernah diperankan oleh Suzzanna. Sundel bolong merupakan hantu perempuan yang memiliki punggung berlubang. Aroma Sundel Bolong jika dilihat dari depan akan wangi, namun jika ia berbalik ke belakang maka akan menebarkan bau busuk dan amis.

Konon, Sundel Bolong adalah bekas pekerja seks yang meninggal akibat ulah para lelaki hidung belang. 

4. Wewe Gombel

4. Wewe Gombel Wewe Gombel (wikipedia.org)

Hantu asal Jawa berikutnya adalah Wewe Gombel. Hantu ini memiliki wujud sesosok perempuan tua dan memakai baju compang-camping. Ia juga memiliki payudara yang besar dan menggelantung hingga ke tanah.

Wewe Gombel adalah hantu yang mencintai anak-anak khususnya para balita. Ia kerap membawa anak-anak di sekitarnya untuk diajak berkeliling, kadang malahan sampai berhari-hari loh. Nah, kalo udah bosan bermain dengan anak-anak, ia akan meninggalkan si anak di suatu tempat, mungkin di hutan, sawah bahkan di atas pohon.

Demikianlah beberapa hantu asli Jawa yang begitu menyeramkan. Apakah kamu termasuk orang yang pernah bertemu dengan salah satu hantu Jawa di atas? Kalo iya, coba ceritakan pengalamanmu di kolom komentar.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"