Hii Takut! 4 Sosok Gaib Penunggu Sungai Ciliwung

Hii Takut! 4 Sosok Gaib Penunggu Sungai Ciliwung

Siapa yang tidak mengenal Sungai Ciliwung? Sungai Ciliwung merupakan sungai terbesar di Jakarta. Sungai yang mengalir dari wilayah Bogor, Jawa Barat hingga Jakarta dikaitkan dengan hal-hal yang gaib. Penunggu Sungai Ciliwung menjadi mitos yang sudah dikenal warga sekitar aliran sungai yang memiliki panjang 119 kilometer. Sosok gaib apa saja yang ada di sungai ini?

Siluman Buaya

Sosok gaib paling terkenal di Sungai Ciliwung adalah siluman buaya. Siluman buaya ini disebut dengan buaya buntung. Menurut cerita yang beredar, siluman buaya ini kerap meminta tumbal manusia. Makanya di beberapa aliran sungai kerap ada korban yang tenggelam saat sedang berenang atau berada di pinggir sungai.

Cerita siluman buaya Sungai Ciliwung sudah ada sejak zaman dulu. Kabarnya dulunya memang di kawasan Sungai Ciliwung terdapat seorang warga keturunan Arab yang memelihara buaya. Apakah buaya itu kemudian berubah menjadi siluman?

Penunggu Sungai Ciliwung (Kompas.com)

Suara Gamelan

Penunggu Sungai Ciliwung disebut suka membunyikan atau memainkan suara-suara gamelan. Suara gamelan sering terdengar pada malam-malam tertentu oleh warga yang tinggal di bantaran sungai. Suara gamelan atau karinding terdengar di sungai pertanda ada sosok Kerajaan Padjajaran yang bertapa di kawasan itu.

Noni Belanda

Hantu Noni Belanda cantik juga menghuni Sungai Ciliwung. Noni Belanda itu bernama Marrie yang semasa hidup berasal dari Belanda dan hidup dalam kemewahan. Marrie pun pindah ke Indonesia dan bertemu dengan pria pribumi dan membuatnya jatuh cinta.

Sayangnya orangtua Marrie tidak menyetujui putrinya berpacaran dengan pria Indonesia. Pria tersebut langsung ditangkap dan disiksa sampai meninggal dunia. Jasad pria itu kabarnya dibuang ke Sungai Ciliwung.

Karena cintanya yang besar, Marrie pun menyusul pria itu meninggal dunia dengan bunuh diri. Ia melompat ke Sungai Ciliwung. Sampai sekarang hantu Marrie duduk di sebuah jembatan di aliran Sungai Ciliwung sering menampakkan diri. Wajah hantu Marrie sedih dan menangis.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"