Fakta-fakta Pohon Dewandaru, Tempat Keramat di Gunung Kawi

Fakta-fakta Pohon Dewandaru, Tempat Keramat di Gunung Kawi

Tempat untuk mendapatkan pesugihan di pulau jawa adalah Gunung Kawi di Jawa Timur. Di dalam kawasan gunung ada sebuah pohon yang mistis dan sakral yakni pohon dewandaru. Seperti apa fakta-fakta pohon dewandaru di Gunung Kawi sampai banyak orang rela datang ke pohon tersebut?

Lokasi Pohon Dewandaru

Pohon dewandaru di Gunung Kawi diibaratkan sebagai pohon keramat. Tempat pohon dewandaru ada di samping makam Toenggol Manik Djaja Ningrat dan Toenggol Wati, serta di samping bangunan keraton. Pohon dewandaru memiliki ciri khas karena batangnya ditutup kain motif kotak-kotak.

Ada juga pohon dewandaru yang tumbuh di samping kawasan Pesanggarahan Gunung Kawi termasuk di pesarean gunung. Pohon dewandaru ini dianggap bisa memberikan berkah dan keberuntungan bagi orang-orang yang datang untuk meminta sesuatu.

Pohon Dewandaru Gunung Kawi (Okezone.com)

Pohon yang Dikeramatkan

Pohon dewandaru disebut pohon keramat karena banyak orang berdoa di sekitar pohon. Banyak yang mempercayai jika seseorang yang mau melakukan praktik pesugihan meminta keberuntungan. Orang yang berada di sekitar pohon menunggu jatuhnya buah-buah dari pohon tersebut. 

Menurut kepercayaan jika ada buah yang jatuh dari pohon dewandaru maka dianggap orang itu bisa melakukan praktik pesugihan atau mendapatkan restu. Kesabaran untuk mendapatkan buah yang jatuh meski harus menunggu sampai waktu berbulan-bulan  juga dilakukan banyak orang.

Asal-usul Pohon

Buah yang jatuh dari pohon dewandaru dianggap membawa berkah. Menurut asal-usulnya pohon dewandaru adalah tongkat Eyang Jugo yang ditancapkan di Gunung Kawi. Sebenarnya untuk mendapatkan buah-buah dari pohon dewandaru disarankan datang pada bulan Desember setiap tahunnya karena biasanya pohon berbuah yang banyak.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"