Apa Itu Onggo-Inggi? Sosok Gaib Penunggu Bengawan Solo

Apa Itu Onggo-Inggi? Sosok Gaib Penunggu Bengawan Solo

Sungai Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa. Sungai ini juga dianggap angker karena memiliki sosok gaib sebagai penunggu. Penunggu sungai Bengawan Solo salah satunya disebut onggo-inggi. Seperti apa wujud onggo-inggi?

Onggo-inggi konon tinggal di dalam sungai dan akan naik ke permukaan air jika sedang mencari korban yang dijadikan tumbal. Menurut kesaksian beberapa orang, onggo-inggi ini berwujud kepala berambut panjang. Rambut panjang itu digunakan untuk melilit korbannya. Tak terlihat bentuk tubuhnya yang lain.

Onggo-inggi juga berkulit pucat dengan gigi yang memiliki bagian taring yang mencuat keluar. Pokoknya serem banget deh! Biasanya hantu keluar pada petang atau malam hari, namun berbeda dengan onggo-inggi yang menunjukan eksistensinya justru saat siang hari di Bengawan Solo.

Onggo-inggi Sungai Bengawan Solo (Hops.ID)

Onggo-inggi di sungai Bengawan Solo ini memiliki trik untuk mendapatkan korbannya. Seolah-olah karena kepala dan rambutnya yang terlihat di perairan air, seolah-olah mirip dengan orang yang sedang terseret aliran sungai, maka manusia yang melihatnya akan berusaha untuk menceburkan diri ke sungai guna memberikan pertolongan.

Nah ketika sudah berenang di air, maka manusia itu akan tenggelam karena dibawa oleh onggo-inggi. Menurut cerita beredar onggo-inggi ini akan menyantap korbannya hidup-hidup. Jasad korban sulit ditemukan sehingga tanpa meninggalkan jejak apa pun.

Tak semua cerita onggo-inggi menakutkan. Ada juga yang percaya siapa pun yang melihat onggo-inggi di sungai maka orang itu akan mendapatkan rezeki, misalnya orang sedang memancing di sungai maka dia akan mendapatkan ikan dalam jumlah yang banyak. Ada juga onggo-inggi dianggap hanya mitos belaka untuk sekedar menakut-nakuti anak-anak yang suka berenang atau bermain di dekat sungai.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"