5 Penjara Paling Seram di Indonesia, Semuanya Jadi Saksi Sejarah

5 Penjara Paling Seram di Indonesia, Semuanya Jadi Saksi Sejarah

Penjara merupakan tempat bagi seorang tahanan menjalani hukuman. Di Indonesia sejak dulu sampai sekarang terdapat banyak penjara. Memang penjara-penjara di Indonesia kini sudah berubah menjadi lapas (Lembaga Permasyarakatan) dan rutan (Rumah Tahanan). Tapi beberapa penjara ada yang disebut sebagai penjara paling seram di Indonesia.

Penjara seram di Indonesia banyak yang sudah dibangun sejak ratusan tahun lalu, bahkan menjadi saksi sejarah di Indonesia. Kebanyakkan sudah tidak aktif jadi tempat menghukum para tahanan. Berikut beberapa penjara paling seram di Indonesia menurut versi Paragram. 

Penjara di Benteng Karang Bolong 

Benteng Karang Bolong berada di Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah. Benteng ini didirikan oleh Portugis saat menjajah Indonesia di abad ke-16. Benteng ini terdapat banyak bagian, mulai dari tempat berlindung dari serangan musuh hingga penjara untuk menahan banyak tahanan yang mayoritas orang Indonesia.

Orang Indonesia yang melawan penjajah akan dimasukkan ke penjara. Konon banyak juga para tahanan yang meninggal di penjara itu karena mengalami kelaparan hingga mendapat siksaan dari tentara Portugis. Selain itu di kawasan itu juga banyak kerajaan gaib yang lebih dulu ada sebelum benteng itu berdiri.

5 Penjara Paling Seram di Indonesia, Semuanya Jadi Saksi Sejarah (Medcom.id)

Penjara Kalisosok

Penjara Kalisosok berada di Surabaya, Jawa Timur. Penjara itu dibangun pada tahun 1808 atau disaat kolonial Belanda menjajah Indonesia. Penjara itu menjadi tahanan bagi orang Indonesia yang berani melawan penjajah. Penjara itu juga dijadikan tahanan ketika tentara Jepang menduduki Indonesia.

Sebenarnya ruangan di salah satu penjara paling seram di Indonesia itu hanya berkapasitas 20 orang saja, namun Jepang memaksa ruangan di penjara dihuni hampir 100 orang. Hal itu membuat banyak tahanan yang akhirnya meninggal dunia karena tidak kuat tinggal di penjara tersebut. Penjara itu kini sudah kosong namun warga sekitar sering mendengar rintihan suara minta tolong.

Penjara di Museum Sejarah Jakarta

Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta memiliki sejarah panjang. Dulunya gedung itu menjadi tempat strategis VOC saat menduduki Batavia atau Jakarta. Di salah satu bangunan penjara ini terdapat penjara dengan kondisi yang memprihatinkan, dengan panjang 1 meter dan lebar 1,7 meter.

Banyak tahanan yang dikumpulkan di dalam penjara itu dan meninggal di sana karena ruangan yang sangat sempit. Para tahanan juga tidak diberikan makanan dan disiksa. Nuansa horor sangat terasa di penjara ini. Para arwah tahanan yang dulu meninggal konon masih menghuni penjara bawah tanah itu. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"