Ternyata Hantu Cantik Penghuni Jembatan Ancol yang Sering Bikin Kecelakaan Bukanlah Mariam, Terus Siapa?

Ternyata Hantu Cantik Penghuni Jembatan Ancol yang Sering Bikin Kecelakaan Bukanlah Mariam, Terus Siapa?

Tahun 1990-an dulu, layar kaca Indonesia kita pernah menampilkan serial komedi misteri "Si Manis Jembatan Ancol". Kala itu, serial tersebut cukup populer. 

Serial itu menceritakan Si Manis Mariam, hantu cantik berbaju putih yang tinggal di Jembatan Ancol. Semenjak itu, populerlah nama Mariam sebagai nama dari hantu cantik penghuni Jembatan Ancol, Jakarta.

Kecelakaan yang terjadi di Jembatan Ancol sering terjadi. Bahkan sejak lama. 

Serial Si Manis Jembatan Ancol (suara.com)

Koran Keng Po tahun 1950-an silam telah memuat beberapa berita kecelakaan lalu lintas di Jembatan Ancol. Kecelakaan itu tak jarang membawa korban manusia.

Beberapa sopir kendaraan atau penumpang yang selamat menceritakan hal yang sama. Rupanya mereka telah diganggu oleh hantu cantik Jembatan Ancol sebelum petaka terjadi.

Kecelakaan umumnya terjadi ketika kendaraan meluncur di jembatan pada petang atau malam hari. Entah dari mana, tiba-tiba seorang perempuan cantik muncul di jembatan itu, dia hanya berdiri di tepi jembatan atau malah di tengah jalan.

Kadang, hantu yang diyakini bernama Mariam itu juga menyeberangi jalan. Siapapun yang terpana pada kecantikannya bisa celaka. Tau-tau, mobil yang dikendarai bisa menabrak pohon atau terjungkal.

Jembatan Ancol jaman dulu (bacaterus.com)

Sementara hantu cantik itu menghilang setelahnya.

Koran jadul Belanda Java Bade juga pernah memuat kabar ini. Koran itu menulis bahwa mungkin saat itu sopir-sopir kendaraan sudah sangat kelelahan. Mereka pun mengalami halusinasi dan kecelakaan tak terhindar lagi.

Nah, meski nama Mariam lebih populer untuk menyebut hantu cantik penghuni Jembatan Ancol, ternyata malah bukan itu namanya.

Hantu cantik Jembatan Ancol yang diyakini bernama Mariam ini sangat populer dalam budaya Betawi. Budayawan Betawi Ridwan Saidi pernah mengungkap bahwa nama si hantu cantik itu bukan Mariam, melainkan Aria.

Ternyata si manis dari Jembatan Ancol bukan Mariam, tapi Aria (liputan6.com)

Hal ini dikisahkan dalam Buku Ketoprak Betawi.

Masyarakat setempat yakin bahwa perempuan yang muncul untuk mengganggu sopir kendaraan itu adalah Aria. Dia adalah anak dari Mak Emper.

Aria, atau Arie, dinyatakan menghilang tanpa jejak pada tahun 1870-1871 silam. Dia menghilang di kawasan sekitar Ancol, Batavia saat itu. Umurnya masih belasan tahun dan sebab menghilangnya tak diketahui.

Aria dinyatakan hilang pada tahun 1870-an silam (tagar.id)

Arie kemungkinan dibunuh orang karena mempertahankan kehormatannya. Dan mungkin arwahnya gentayangan di Jembatan Ancol.

Jadi, nama hantu cantik Jembatan Ancol itu mestinya Aria. 

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"