4 Hal Terkait Buto Ijo, Sosok Menyeramkan yang Bikin Anak-anak Gak Tidur Nyenyak

4 Hal Terkait Buto Ijo, Sosok Menyeramkan yang Bikin Anak-anak Gak Tidur Nyenyak

Buto ijo dikenal sebagai sosok menyeramkan yang sekujur tubuhnya berwarna hijau. Kisah Buto Ijo ini terkenal dalam mitologi Jawa dan cerita dongeng. Diceritakan Buto Ijo suka menculik anak-anak yang nakal dan tidak patuh dengan orangtua. Anak-anak itu akan diculik dan dimangsa hidup-hidup oleh Buto Ijo. Lalu siapa sebenarnya Buto Ijo? Benarkah Buto Ijo memang nyata?

Kisah Timun Mas

Buto Ijo terkenal dalam cerita rakyat berjudul “Timun Mas”. Cerita itu berasal dari Jawa Tengah. Makanya Jawa Tengah diduga jadi tempat bermukimnya Buto Ijo. Dalam cerita rakyat itu dikisahkan Buto Ijo membantu seorang wanita untuk bisa punya anak. Buto Ijo menyulap timun mas yang kemudian saat dibelah muncul anak perempuan.

Dalam perjanjiannya, Buto Ijo meminta agar anak tersebut diberikan nama Timun Mas, dan saat bayi anak itu dewasa untuk diserahkan kepadanya. Namun Timun Mas tidak juga diserahkan dan membuat Buto Ijo marah. Ia pun mengejar Timun Mas untuk mendapatkannya.

4 Hal Terkait Buto Ijo, Sosok Menyeramkan yang Bikin Anak-anak Gak Tidur Nyenyak (Bangkit Media)

Pesugihan

Terkait pesugihan juga ada pesugihan Buto Ijo.Bagi orang yang melakukan pesugihan Buto Ijo biasanya datang ke Gunung Wijil, Klaten, Jawa Tengah. Gunung ini identik sebagai tempat wisata bukan untuk didaki. 

Namun gunung ini memiliki sejuta kisah misterius di dalamnya. Konon gunung ini dihuni sosok Buto Ijo. Pesugihan Buto Ijo dengan memberikan tumbal nyawa untuk Buto Ijo. Banyak yang percaya dan datang ke lokasi tersebut.

Buto Ijo identik dengan warna hijau. Orang yang melakukan pesugihan Buto Ijo diduga mewarnai rambut mereka dengan warna hijau. Hijau yang mereka pilih adalah warna hijau terang. Memang bukan berarti semua rumah yang berwarna hijau lakukan pesugihan Buto Ijo lho.

Gerhana Bulan

Buto Ijo kadang dikaitkan dengan peristiwa gerhana bulan. Mitos yang berkembang gerhana terjadi karena Buto Ijo menelan bulan sehingga akhirnya habis. Padahal gerhana bulan tidak ada kaitannya sama sekali dengan Buto Ijo karena terjadi karena peristiwa alam karena posisi bulan berada di belakang matahari sehingga matahari menutupi bulan. 

Tak hanya itu, tradisi Jawa melarang wanita hamil keluar rumah karena meyakini saat gerhana bulan karena akan datang Buto Ijo. Buto Ijo mengincar janin untuk dijadikan sebagai mangsanya. Serem banget ya?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"